Pendampingan Membaca Cerpen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Siswa SMP Pondok Pesantren Salafiah An-Nisa Tarakan

Penulis

  • Muhammad Ilham Universitas Borneo Tarakan

Abstrak

Pendampingan membaca cerpen untuk meningkatkan kempuan literasi baca siswa SMP pondok Pesantren Salafiah An-Nisa Tarakan. Program literasi dengan harapan meningkatkan kemampuan baca tulis siswa SMP sekolah tersebut. Hal ini perlu kita laksanakan karena mengingat minat baca di Indoensia sangat rendah. Kegiatan ini telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan dengan beberapa luaran berhasil dicapai, di antaranya minat baca siswa meningkat dengan adanya siswa yang ingin membaca cerita lagi setelah kegiatan selesai.kegitaan ini sangan didukung oleh guru-guru yang ada di sekolah tersebut agar program ini terus berkelanjutan. Kata Kunci: Cerpen, Literasi, sekolah Menengah Pertama

Referensi

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Darma, Budi. 2009. Struktur Narasi (Novel Karya Anak). Surabaya: JaringPena.

Franz, Kurt dan Bernard Meier. 1994. Membina Minat Baca Anak. Bandung: Rosdakarya.

A. Sumianto Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Diterbitkan

2021-11-18

Cara Mengutip

Ilham, M. (2021). Pendampingan Membaca Cerpen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Siswa SMP Pondok Pesantren Salafiah An-Nisa Tarakan. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 567–574. Diambil dari https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/3644

Citation Check