PELATIHAN APLIKASI SAMWELL ESSAY UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL DI SMKN 12 KABUPATEN TANGERANG
Abstrak
Referensi
Agustina, N., Anindita, R., Sitoayu, L., Cinantya, I. G., Mustaqim, K., & Firmasyah, E. (2024). Multidisciplinary Transformative Learning Practice in Indonesian Context. Tell-Us Journal, 10(1), 17–34. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/tell-us/article/view/7971
Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105
Arafiah, et. a. (2021). Nilai Moral pada Novel Perjuangan Aini Karya Rasyid Akbar sebagai Implementasi Bahan Ajar di SD. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 4(1), 57. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/144/145
Desi, Y. P. (2020). Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3510
Fatonah, K., Firman Syah, E., Febrianti, N., Fkip, P., & Unggul, U. E. (2022). Pola Cerita dalam Cerpen-Cerpen Anak Indonesia dan Relevansinya pada Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(02), 1214–1227. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6445
Handayani, A. S., Husni, N. L., Soim, S., Sitompul, C., Nurdin, A., Elektro, T., & Sriwijaya, P. N. (2020). Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis Aplikasi. Snaptekmas, 7(Lcd), 42–46. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/SNAPTS/article/view/2012
Hapsari, A. D., Nurrohmayani, R., Ezik, & Syah, F. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Seminar Nasional Imu Pendidikan Dan Multidisiplin, 5(5), 142. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Lu, R., & Syah, E. F. (2023). Struktur Intrinsik Cerita Rakyat Betawi Sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 21629–21637. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9741
Nurhasanudin, Muhamad Rifki & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas VSDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Prihantini, A. S., Afika, A., & Nisa, Hilma Wardatun, E. F. S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Alphabet pada Siswa Kelas 1. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin V (SNIPMD V, 5(5), 220–226. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/260/254
Putriyani, S. (2021). Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Whatsapp Bagi Guru SMP. Maspul Journal of Community Empowerment, 3(1), 49–53. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/1620
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.36835/edukais.2020.4.2.120-125
Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3184
Syah, E.F & Khusnul, F. (2021). Implementasi Aplikasi Schoology untuk Pembelajaran Online Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19 di SMP Pribadi 1 Kota Tangerang. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 4(4), 213. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/167
Syah, Ezik Firman, E. a. (2023). Penerapan Aplikasi Samwell Essay Untuk Mengembangkan Literasi Digital Berbasis Artificial Intelligence. Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 3(2), 26–32. https://ejournal.unib.ac.id/andromeda/article/view/31280
Syah, E. F. (2020). Ideologi Gender pada Komentar Netizen di Vlog Youtube Dewi Persik: Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 3(3), 26–32. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/5/5
Syah, E. F. (2022). Merdeka Belajar dan Belajar dengan Riang Gembira Sejak Dini. Jurnal Pengabdian MasyarakatIlmu Pendidikan (JPMIP), 01(01), 126–132. https://doi.org/10.23960/jpmip.v1i02.39
Syah, E. F., & Nugroho, O. F. (2022). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(2), 127. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.4304
Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2723. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1154/879
Vebryanti, Syah, E. F. (2021). Tindak Tutur pada Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia KelasV SD Hikari Tangerang Selatan. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(4), 9–25. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i4.101
Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya Guru Professional dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1), 364–370. e-mail: missindah49@gmail.com
Yudiawan, A., Rusdin, R., Chudzaifah, I., & Sari, F. (2020). Pendampingan dan Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel Ilmiah melalui Web Seminar pada masa pandemi COVID-19 di Papua Barat. Community Empowerment, 5(2), 64. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.4021