PENERAPAN MODEL PEMBUKUAN DOUBLE ENTRY DAN PEMASARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN OMZET TRANSAKSI PADA INDUSTRI LILIN REPLIKA DI JOYOSURAN SURAKARTA

Authors

  • Vitalis Ari Widiyaningsih Universitas Pignatelli Triputra Surakarta, Indonesia
  • Tutus Praningki Universitas Pignatelli Triputra, Surakarta, Indonesia
  • Heru Suwasono Universitas Pignatelli Triputra, Surakarta, Indonesia

Abstract

Potensi UMKM Surakarta sangat besar (1). UMKM tidak hanya bisa membuat produk tetapi bisa dijual. Craft adalah salah satu jenis UMKM yang sering mendapatkan kesempatan untuk pameran, lomba maupun souvenir. Bisnis crafting (2) memiliki permintaan tinggi, namun para pelaku usahanya belum banyak. Salah satu craft adalah lilin. Faktor utama penyebab UMKM tidak bisa bertahan dan omzet kecil adalah pemasaran dan pembukuan. Banyak pelaku UMKM belum menyadari pentingnya pembukuan yang rapi UMKM sebagai pendukung roda perekonomian sehingga pemerintah terus berupaya mendukung perkembangannya salah satunya melalui digitalisasi. Digitalisasi UMKM (3) bukan proses yang mulus, permasalahan saat ini yaitu kesiapan digitalisasi. Tujuan pengabdian adalah memberdayakan mitra dalam melaksanakan pembukuan model double entry untuk pengelolaan keuangnnya dan meningkatkan omzet penjualan melalui pemasaran daring. Pengabdian ini dilakukan dengan pendampingan dan pelatihan kepada mitra beserta karyawannya mengenai proses pembukuan dari awal transaksi, mengumpulkan bukti transaksi, meninput data sampai pembuatan laporan keuangan. Kami juga memberi pelatihan pembuatan web site untuk memberikan wadah promosi supaya semakin dikenal masyarakat luas dan mempermudah transaksi penjualan. Hasil dari pengabdian ini adalah mitra semakin paham melakukan pembukuan secara konsisten, mulai memasukkan foto-foto beserta deskripsi lengkapnya terkait produk yang akan dijual di web yang baru, serta mitra sudah mempunyai web dengan nama sendiri. Abstract The potential of Surakarta UMKM is very large (1). UMKM can not only make products but can sell them. Craft is one type of UMKM that often gets opportunities for exhibitions, competitions and souvenirs. The crafting business (2) has high demand, but there are not many business people. One of the crafts is candles. The main factors causing MSMEs to not survive and have small turnover are marketing and bookkeeping. Many UMKM players do not yet realize the importance of neat bookkeeping for UMKM as supporting the economy, so the government continues to strive to support their development, one of which is through digitalization. Digitalization of UMKM (3) is not a smooth process, the current problem is digitalization readiness. The aim of the service is to empower partners to implement double entry model bookkeeping to manage their finances and increase sales turnover through online marketing. This service is carried out by providing assistance and training to partners and their employees regarding the bookkeeping process from the start of transactions, collecting transaction evidence, inputting data to making financial reports. We also provide training in creating web sites to provide a promotional platform so that it becomes better known to the wider community and makes sales transactions easier. The result of this dedication is that partners increasingly understand how to do bookkeeping consistently, starting to include photos and complete descriptions regarding the products to be sold on the new website, and partners already have a website with their own name. Kata kunci: Double Entry; UMKM; Lilin Replika; Pemasaran; Omzet Transaksi

References

Prodjo WA. Surakarta Disebut Punya Potensi Ekonomi UMKM yang Tinggi, Ini Pesan Deputi Mikro KemenKopUKM (Internet). 2022 (diakses 10 April 2023). Available from: https://umkm.kompas.com/read/2022/09/27/070000583/surakarta-disebut-punya-potensi- ekonomi-umkm-yang-tinggi-ini-pesan-deputi-mikro?page=all

Octaviani W. Mencari Peluang Keuntungan di Bisnis Crafting (Internet). 2022 (diakses 10 April 2023). Available from: https://sampaijauh.com/keuntungan-bisnis-crafting-11293

KKNDR 1 UINSU Kelompok 200 Desa Hinai Kanan. Digitalisasi UMKM (Internet). 2021. Available from: http://repository.uinsu.ac.id/13521/1/Buku%20Saku%20%28Digitalisasi

%20UMKM%29.pdf

Lestari EP. Selamat Datang di Griya Lilin Solo (Internet). 2017 (diakses 9 April 2023). Available from: http://www.griyalilinsolo.com/p/tentang-kami.html

Wibowo GA, Duhri MK. Replika Makanan dari Lilin Buatan Warga Solo Laris Manis hingga ke Luar Negeri (Internet). 2023 (diakses 12 April 2023). Available From: https://m.solopos.com/replika-makanan-dari-lilin-buatan-warga-solo-laris-manis-hingga-ke- luar-negeri-1595388/amp

Ernest N. The Role of Bookkeeping on the Survival of Very Small Businesses in the Kumba Municipality. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science. 2018; 4(10):713– 23.

Hongren. Akuntansi (Ketujuh). Erlangga. 2017.

Lubawa G, Van AH. Preparation and Use of Financial Statements by Family Owned SMEs in Tanzania: A Case Study of Sunflower Oil Processors in the Dodoma Region. American Journal of Entrepreneurship. 2019; 12(1): 56.

Yuliati NN, Wardah S, Widuri B. Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi pada UMKM Kerupuk Kulit Tradisional Kelurahan Seganteng). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah – ALIANSI. 2019; 3(2): 172–185. https://aliansi.ugr.ac.id/index.php/aliansi/article/view/40.

Herieli KS, Rimisho EJ. Analysing the Factors Influencing Financial Records Keeping amongst Small and Medium Entreprises (SMEs) in Ilala Municipal Council. Global Journal of HUMAN-SOCIAL SCIENCE: E Economics. 2019;19(5).

Negou E. The role of bookkeeping on the survival of very small businesses in the Kumba Municipality. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science. 2018; 4(10):713– 23.

Abayomi S, Adegoke J. The Imperatives of Accounting and Financial Records in the Development of Small Scale Enterprises in Nigeria. Research Journal of Finance and Accounting. 2016; 7(14): 43–52.

Mwebesa LCK, Kansiime C, Asiimwe BB, Mugambe P, Rwego IB. The Effects of Financial Record Keeping on Financial Performance of Development Groups in Rural Areas of Western Uganda. International Journal of Economics and Finance. 2018; 10(4): 136.

Ayuningrum N, Meylita S. Analisis Penyusunan Anggaran Penjualan Pada CV Auto 165 di Kota Sekayu 1. ACSY Politeknik Sekayu. 2020; 12(2): 24–32.

Rais RM. Analisis Sistem Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kota Baubau. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen. 2019; 2(1): 60–71.

Nainggolan VR. Analisis Dan Evaluasi Manajemen Kas Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan (Internet). 2019 (diakses 10 April 2023). Available from: http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2514.

Mujiyana LS, Mukhyi MA. Pengaruh Penerapan Periklanan di iIternet dan Pemasaran Melalui e- mail Produk UMKM di Wilayah Depok. JATI UNDIP. 2012; 7(3).

Widiana M, Supit H, Hartini S. Penggunaan Teknologi Internet Dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik Pada Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2012; 14(1): 71-81.

Ardiyanto A. Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. IAIN Surakarta. 2018.

Rokhmah BE, Yahya I. Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM di Desa Nglebak Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Sukoharjo.2020; 1(1): 20-31.

Krisnawati. Peran Perkembangan Teknologi Digital pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM di Indonesia (Studi Kasus: UMKM Kuliner Tanpa Restaurant ‘Kepiting Nyinyir’). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. 2018; 6(1): 69-74.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Widiyaningsih, V. A., Praningki, T., & Suwasono, H. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBUKUAN DOUBLE ENTRY DAN PEMASARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN OMZET TRANSAKSI PADA INDUSTRI LILIN REPLIKA DI JOYOSURAN SURAKARTA. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11241

Citation Check