PERBAIKAN KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN “KriptaL” PADA SYFam Food KOTA BENGKULU

Penulis

  • Sulisti Afriani Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia
  • Yesi Indian Ariska Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia
  • Nirta Vera Yustanti Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia
  • Ellya Revolina Fakultas Ekonomi Universitas Prof. Hazairin, Bengkulu, Iran, Republik Islam
  • Lena Elfianty Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu

Abstrak

Kemasan suatu produk merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan oleh produsen/penjual, karena berkaitan dengan menjaga kualitas dari produk agar tetap terjaga sampai ke tangan konsumen baik dari higenitas, kualitas dan masa penyimpanan yang lebih lama.. SYFam Food sebagai industri rumahan yang memproduksi dan menjual makanan ringan dari bahan dasar umbi talas sudah melakukan pengemasan produknya dengan kemasan plastik transparan dan diberi logo secara sederhana namun belum lengkap semua informasi yang seharusnya konsumen butuhkan. Sehubungan dengan hal tersebut maka pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk memberikan wawasan terhadap kemasan atau packaging dan label produk yang sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk makanan kepada SYFam Food Kota Bengkulu selaku produsen dari makanan ringan KriptaL. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2023 yang dihadiri oleh pemilik. Metode pelaksanaan dari pengabdian masyarakat ini melalui pemaparan materi terkait tentang kemasan dan label produk, metode kedua dengan cara berdiksusi dengan pemilik. Setelah pengabdian dilakukan harapanya adalah kedepannya SYFam Food lebih baik lagi dalam pengemasan produknya. . Abstract The packaging of a product is something that really needs to be considered by the manufacturer / seller, because it is related to maintaining the quality of the product so that it is maintained to the hands of consumers both from hygiene, quality and longer storage period. SYFam Food as a home industry that produces and sells snacks from taro tubers has packaged its products with transparent plastic packaging and is given a logo simply but not complete all the information that consumers should need. In connection with this, community service is carried out to provide insight into packaging and product labels in accordance with SNI (Indonesian National Standard) for food to SYFam Food Bengkulu City as the producer of KriptaL snacks. This activity was carried out on October 2, 2023, which was attended by the owner. The implementation method of this community service is through the presentation of related material about product packaging and labels, the second method is by discussing with the owner. After the dedication is carried out, the hope is that in the future SYFam Food will be even better in packaging its products. Kata kunci: Kemasan, Produk, Label Produk

Referensi

Angipora, Maskus, P. 2006. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Pertama. PT. Raja Grafindo Grafada, Jakarta.

Harminingtyas, R. (2013). Analisis Fungsi Kemasan Produk Melalui Model View Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Rokok Kretek Merek Dji Sam Soe Di Kota Semarang. Jurnal Stie Semarang, 5, No.2. Retrieved from http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/article/view/1283/1026

Hidayat, Y., & Triharyanto, E. (2016). Peningkatan Daya Jual Aneka Produk Olahan Makanan melalui Teknik Pengemasan Produk. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 19 No X. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kewirausahaan-dan-bisnis/article/viewFile/8334/7492

Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. (C. Putri, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset

Prasetya, D., dkk. (2023). Perancangan Desain Kemasan Kumbu Makanan Khas Palembang. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya Volume 8 No.1. DOI: https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2894

Purnomo, N. C., Ardana, I. G. N., & Handoko, C. T. (2013). Perancangan Kemasan dan Media Promosi Kue Gandjel Rel Khas Kota Semarang, DKV Adiwarna, 1 No.2. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/714

Widiati, A. 2020. Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di “Mas Pack†Terminal Kemasan Pontianak. Jaakfe untanJurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura,8(2).https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Diterbitkan

2023-10-29

Cara Mengutip

Afriani, S., Ariska, Y. I., Yustanti, N. V., Revolina, E., & Elfianty, L. (2023). PERBAIKAN KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN “KriptaL” PADA SYFam Food KOTA BENGKULU. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Diambil dari https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11121

Citation Check