PELATIHAN AKUNTANSI TERINTEGRASI PAJAK PASAL 23/26

Penulis

  • Y. Agus Bagus Budi N FEB, Usakti, Indonesia
  • Wulan Sari FEB, Usakti, Indonesia
  • Yosephina Endang Purba FEB, Usakti, Indonesia

Abstrak

Pembelajaran akuntansi dan pajak merupakan pembelajaran dua bidang yang berbeda. Akuntansi diajarkan terlebih dahulu, baru kemudian diajarkan perpajakan. Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa/i jurusan akuntansi di hampir seluruh prodi akuntansi dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan akuntansi, Mereka belajar akuntansi pada semester pertama, berlanjut sampai mereka lulus SMK. Bagi mahasiswa/i jurusan akuntansi, pembelajaran akuntansi berurutan dari pengantar akuntansi 1 (PA1) dilanjutkan PA2. Setelah belajar PA1,siswa mulai belajar perpajakan. Pembelajaran dengan teknik berurutan, menjemukan dan kurang produktif. Solusi yang ditawarkan adalah belajar dengan sekaligus mengintegrasikan akuntansi dengan pajak, karena persoalan akuntansi dan pajak merupakan persoalan yang riil. Pelajaran akuntansi harus mulai mengenalkan pajak sejak awal. PkM ini dilakukan untuk meningkatkan soft skills lulusan SMK Akuntansi yaitu dengan integrasi pembelajaran akuntansi dan pajak sekaligus, diberikan terhadap sebagian anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Jakarta. Para guru antusias karena kegiatan ini mendorong kemampuan mereka dan bersifat berkesinambungan . PkM ini menggunakan eksperimen pajak penghasilan Pasal 23 dan Pasal 26 Pajak Penghasilan. Para guru diberikan ketentuan yang berlaku, lalu akan disimulasikan transaksi yang terdapat dalam aturan yang berhubungan dengan jasa yang diatur dalam Pasal 23 UU PPh serta jasa lain yang diatur dalam ketentuan perpajakan (PMK 141, 2015). Kata kunci: Pelatihan, Akuntansi, Terintegrasi, Pajak Abstract Accounting and tax learning are two different fields. Accounting is taught first, then taxation follows. This also applies to students majoring in accounting in almost all accounting study programs and Vocational High Schools (SMK) majoring in accounting. They learn accounting when they enter their first semester and continue until they graduate from SMK. For students majoring in accounting, learning accounting is sequential from introductory accounting 1 (PA1) to PA2. After studying PA1, students begin studying taxation (tax). Learning with sequential techniques, boring and less productive. The solution offered is learning while simultaneously integrating accounting with taxes, because both are related closely. Accounting and tax should be introduced from the beginning. This PkM is carried out to improve the soft skills of SMK accounting graduates, by integrating accounting and tax learning at the same time, given to members of the Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) in Jakarta. The teachers were enthusiastic because this activity boosted their abilities and was continuous. This PkM uses income tax experiments Article 23 and 26. The teachers are given the applicable provisions, then transactions will be simulated using the rules relating to services regulated in Article 23 and 26 of the Income Tax Law and regulation of PMK 141, 2015. Kata kunci: Training, Accounting, Integrated, Tax

Referensi

Kenny, P. (2011). Strategies for Tax Teaching: A Teams Based Approach. Available at SSRN 2341505.

Kisworo, B., Utsman, U., Ilyas, I., & Siswanto, Y. (2018). Kepuasan Mahasiswa dan Pengguna Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment.

Kolb, D. A. (2013). The process of experiential learning. In Culture and processes of adult learning (pp. 138-156). Routledge.

Li, Y. (2022). Teaching Innovation Practice of. Curriculum and Teaching Methodology, 5(14), 23-29.

Mascherini, M., Salvatore, L., Meierkord, A., & Jungblut, J. M. (2012). NEETs-Young people not in employment, education or training: Characteristics, costs and policy responses in Europe.

Mayburov, I., & Leontyeva, Y. (2017). EFFECTIVENESS OF TEACHING METHODS AIMED AT IMPROVING STUDENTS'TAX LITERACY. In INTED2017 Proceedings (pp. 3102-3108). IATED.

Murtanto, M., Astuti, C. D., Yanti, H. B., & Noor, I. N. (2022). PERSEPSI PENGGUNA JASA LULUSAN PROGRAM SARJANA AKUNTANSI. Jurnal Akuntansi Trisakti, 9(2), 267-280.

Zoraya, E., & Wulandari, M. D. (2021). Karakteristik kaum muda pada pasar tenaga kerja dan determinan Neet di Indonesia. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian dan Pengembangan, 4(2), 28-39.

Diterbitkan

2023-10-21

Cara Mengutip

Bagus Budi N, Y. A., Sari, W., & Purba, Y. E. (2023). PELATIHAN AKUNTANSI TERINTEGRASI PAJAK PASAL 23/26. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Diambil dari https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/10400

Citation Check