Peran Ulama dalam Pengembangan Industri Halal

Authors

  • Ibrahim Fatwa Wijaya Universitas Sebelas Maret
  • Muhammad Agung Prabowo Universitas Sebelas Maret
  • Anis Widjajanto Universitas Sebelas Maret
  • Edy Supriyono Universitas Sebelas Maret
  • Nurmadi Harsa Sumarta Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian menyebutkan bahwa religiusitas masyarakat, awareness mengenai kehalalan sebuah produk dan sertifikasi halal menjadi determinan niat untuk membeli produk makanan, minuman, dan kosmetik. Di sisi lain, pengusaha mikro dan kecil masih banyak mengalami kesulitan dalam pengurusan sertifikasi halal produk-produk mereka. Peran ulama dalam mengembangkan industry halal dinilai sangat penting. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan industry halal melalui peran ulama. Ulama dapat berperan dalam dua hal utama: (1) Melakukan edukasi kepada pengusaha dan masyarakat yang memiliki usaha untuk mengurus sertifikasi halal; dan (2) Melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu aware dengan produk halal. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Masyarakat Ekonomi Syariah Surakarta yang memiliki mitra UMKM binaan di wilayah Solo Raya serta Komisi Ekonomi Majelis Ulama Indonesia Kota Surakarta.

References

Ashraf, M.A. (2019), "Islamic marketing and consumer behavior toward halal food purchase in Bangladesh: An analysis using SEM", Journal of Islamic Marketing, Vol. 10 No. 3, pp. 893-910.

Battour, M., Salaheldeen, M. and Mady, K. (2022), "Halal tourism: exploring innovative marketing opportunities for entrepreneurs", Journal of Islamic Marketing, Vol. 13 No. 4, pp. 887-897

Al-Banna, H. and Jannah, S.M., 2023. The push, pull, and mooring effects toward switching intention to halal cosmetic products. Journal of Islamic Marketing, 14(9), pp.2149-2166.

Syed, S., Sh Ahmad, F. and Shah, S.R.H., 2023. Psychological needs as underlying forces of halal food purchase intention. Journal of Islamic Marketing, 14(8), pp.2070-2083.

Shahid, S., Parray, M.A., Thomas, G., Farooqi, R. and Islam, J.U., 2023. Determinants of Muslim consumers’ halal cosmetics repurchase intention: an emerging market’s perspective. Journal of Islamic Marketing, 14(3), pp.826-850.

Lestari, Y.D., Saidah, F. and Putri, A.N.A., 2022. Effect of destination competitiveness attributes on tourists’ intention to visit halal tourism destination in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(4), pp.937-965.

Kasri, R.A., Ahsan, A., Widiatmoko, D. and Hati, S.R.H., 2023. Intention to consume halal pharmaceutical products: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), pp.735-756.

Rizkitysha, T.L. and Hananto, A. (2022), "“Do knowledge, perceived usefulness of halal label and religiosity affect attitude and intention to buy halal-labeled detergent?â€", Journal of Islamic Marketing, Vol. 13 No. 3, pp. 649-670.

Silalahi, S.A.F., Fachrurazi, F. and Fahham, A.M. (2022), "Factors affecting intention to adopt halal practices: case study of Indonesian small and medium enterprises", Journal of Islamic Marketing, Vol. 13 No. 6, pp. 1244-1263.

Usman, H., Chairy, C. and Projo, N.W.K., 2022. Impact of Muslim decision-making style and religiosity on intention to purchasing certified halal food. Journal of Islamic Marketing, 13(11), pp.2268-2289.

Wijaya, I.F., Moro, A. and Belghitar, Y., 2023. Trust in Islamic Businessâ€toâ€Business Relationships: Evidence from Indonesia. British Journal of Management, 34(1), pp.111

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Wijaya, I. F., Prabowo, M. A., Widjajanto, A., Supriyono, E., & Sumarta, N. H. (2024). Peran Ulama dalam Pengembangan Industri Halal. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11441

Citation Check