PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAMIYAH MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Muhammad Dian Wahyudi STKIP Budidaya Binjai, Sumatera Utara, Indonesia
  • Risma Dina STKIP Budidaya Binjai, Sumatera Utara, Indonesia
  • Fheti Wulandari Lubis STKIP Budidaya Binjai, Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam pendidikan untuk membentuk siswa menjadi manusia yang berakhlak mulia, jujur, bertanggungjawab, optimis, berani, terampil, berperilaku kooperatif, ulet, disiplin, dan berintegritas. Pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan realisasi dari Peraturan Pemerintah (PP) No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat 1 yang berisi bahwa “kurikulum tingkat satuan pendidikan dari SD sampai SMA atau yang sederajat dikembangkan dengan satuan pendidikan, peserta didik, sosial budaya dan potensi daerah masing-masingâ€. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan peningkatan mutu dengan pendampingan berbasis kearifan lokal. Dengan keragaman kearifan lokal yang dimiliki oleh Indonesia tentu alangkah baiknya jika hal ini menjadi prioritas yang harus dikembangkan. Urgensi dalam pengabdian ini adalah kegiatan pendampingan ini dilakukan untuk membantu sekolah dalam mengembangkan mutu secara sistematis dan berkelanjutan berbasis kearifan lokal. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan sekolah dasar swasta islamiyah melalui pendampingan berbasis kearifan lokal yang salah satunya dengan mengadakan kegiatan pendampingan penyelenggaraan kegiatan eksplorasi budaya. Dengan terlaksananya pengabdian ini dengan kegiatan workshop, pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaluasi, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya keilmuan para guru Sekolah Dasar Swasta Islamiyah dalam menerapkan kearifan lokal dalam mata pelajaran yang disampaikan.

Author Biographies

Muhammad Dian Wahyudi, STKIP Budidaya Binjai, Sumatera Utara

Program Studi Administrasi Pendidikan

Risma Dina, STKIP Budidaya Binjai, Sumatera Utara

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Fheti Wulandari Lubis, STKIP Budidaya Binjai, Sumatera Utara

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Oktarina R, Ribuwati. Penerapan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Di Sd Negeri 8 Rambutan Kabupaten Banyuasin Menuju Global Citizen. Pros Semin Nas 21 Univ PGRI Palembang. 2018;589–94.

Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar – Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto [Internet]. 2020 [cited 2023 Apr 13]. Available from: https://dispendik.mojokertokab.go.id/peningkatan-mutu-pendidikan-sekolah-dasar/

Wulandari AI. Peran Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Progr Stud Pendidik Sej Fak Kegur dan Ilmu Pendidik Univ Lambung Mangkurat Banjarmasin. 2020;4–5.

Sastrapratedja M. Budaya Sekolah. Din Pendidik [Internet]. 2001 [cited 2023 Apr 13];8(2). Available from: https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/5819

Siswoyo D, Sukardi D., Ariefa E. Model Peningkatan Mutu Untuk Mewujudkan Sekolah Efektif Universitas Negeri Yogyakarta. 2013;(028).

Pingge HD. Kearifan Lokal Dan Penerapannya Di Sekolah CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Jurnal STKIP Weetebula. J Edukasi Sumba. 2017;01(02):128–35.

Sari N. Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. J Penelitian, Pendidik dan Pengajaran. 2020;(1):1–23.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Wahyudi, M. D., Dina, R., & Lubis, F. W. (2023). PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAMIYAH MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11086

Citation Check