URGENSI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP ANAK-ANAK DUSUN SINAMAN II YANG MEMILIKI KEPERCAYAAN DIRI YANG RENDAH

Authors

  • Nadila Nadila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Siska Ardilla Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khoirun Isnawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Annisa Arrumaisyah Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Abstract

Anak-anak di Dusun Sinaman II II cenderung kurang percaya diri dalam melakukan sesuatu. Mereka penuh keraguan, mudah khawatir, bimbang, cenderung menghindar, tidak punya inisiatif, mudah putus asa, dan tidak berani. Banyak anak yang masih kurang percaya diri, seperti malu, ragu menjawab pertanyaan dan belum berani berekspresi di depan banyak orang. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk imenumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Peneliti merekomendasikan bimbingan kelompok sebagai solusi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok sangatlah penting. Layanan bimbingan kelompok membantu meningkatkan rasa percaya diri anak-anak di Dusun Sinaman II.

References

Angelis, B. D. (2005). Confidence: Percaya diri sumber sukses dalam kemandirian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Fuji, dkk. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Membentuk Percaya Diri Tanpa Insecure Pada Siswa SMA. “Jurnal Bimbingan dan Konselingâ€. Vol. 7 No. 3

Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian Terjemahan oleh D.H. Gulo. Jakarta: Bumi Aksara

Mirza. (2021). Meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok. “Jurnal Suluah Komunitasâ€. Vol. 2 No.2

Moleong, L. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif . Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, J.A.(2011). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : Refika Aditama.

Puri, R.P.(2021). Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Mi Muslimin Yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah. “Jurnal Fokusâ€. Vol. 4. No. 3

Rahayu, A.Y. (2013). Anak Usia TK Menumbuhkan Rasa Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT INDEKS.

Spencer, iLyle i& iSigne iM. iSpencer. (1993). iCompetence iat iWork, iModels iFor iSuperior iPerformance. iCanada i: iJohn iWiley i& iSons, iInc.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suhardita. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. “Jurnal Bimbingan Konselingâ€. Vol. 2 No. 2

Sukiman,dkk. (2012). Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. “Jurnal Bimbingan Konselingâ€. Vol 1. No 2

Surya, H. (2009). iRahasia iMembangun iKepercayaan iDiri. iJakarta : iPT iElex iMedia iKomputindo

Susanti, Werdiningsih, D., Sujianti. (2014). Mencetak Anak Juara, Belajar Dari Pengalaman 50 Anak Juara. Jogjakarta: KATAHATI.

Syaifullah, A. (2010). Tips Bisa Percaya Diri. Yogyakarta: Garailmu

Wibowo, B. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Wibowo. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Jakarta: UPT Unnes Press.

Winkel & Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Nadila, N., Anggraini, S. A., Isnawan, K., & Daulay, A. A. (2023). URGENSI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP ANAK-ANAK DUSUN SINAMAN II YANG MEMILIKI KEPERCAYAAN DIRI YANG RENDAH. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/10825

Citation Check