PELATIHAN APLIKASI SAMWELL ESSAY UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL DI SMKN 12 KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Ezik Firman Syah PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Irma Damayantie PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Oktian Fajar Nugroho PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Esa Unggul, Indonesia

Abstract

Ketidakoptimalan dalam menerapkan pembelajaran digital berdampak pada kurangnya antusiasme dan semangat peserta didik dalam mengikuti proses belajar. Dalam rangka memperbaiki hal tersebut, sebuah proyek pengabdian masyarakat telah dilakukan di SMKN 12 Kabupaten Tangerang dengan tujuan meningkatkan literasi digital. Metode yang digunakan adalah pelatihan tatap muka dengan pendekatan Partisipatory Action Research (PAR), yang menggabungkan riset dengan tindakan partisipatif. Proyek ini berhasil memberikan pelatihan tentang penggunaan aplikasi Samwell Essay serta memberikan pemahaman akan pentingnya literasi digital. Dampak dari proyek ini adalah kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan aplikasi Samwell Essay untuk pembelajaran menulis. Diharapkan, hal ini akan memfasilitasi penerapan literasi digital di sekolah dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

References

Agustina, N., Anindita, R., Sitoayu, L., Cinantya, I. G., Mustaqim, K., & Firmasyah, E. (2024). Multidisciplinary Transformative Learning Practice in Indonesian Context. Tell-Us Journal, 10(1), 17–34. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/tell-us/article/view/7971

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105

Arafiah, et. a. (2021). Nilai Moral pada Novel Perjuangan Aini Karya Rasyid Akbar sebagai Implementasi Bahan Ajar di SD. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 4(1), 57. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/144/145

Desi, Y. P. (2020). Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3510

Fatonah, K., Firman Syah, E., Febrianti, N., Fkip, P., & Unggul, U. E. (2022). Pola Cerita dalam Cerpen-Cerpen Anak Indonesia dan Relevansinya pada Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(02), 1214–1227. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6445

Handayani, A. S., Husni, N. L., Soim, S., Sitompul, C., Nurdin, A., Elektro, T., & Sriwijaya, P. N. (2020). Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis Aplikasi. Snaptekmas, 7(Lcd), 42–46. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/SNAPTS/article/view/2012

Hapsari, A. D., Nurrohmayani, R., Ezik, & Syah, F. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Seminar Nasional Imu Pendidikan Dan Multidisiplin, 5(5), 142. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Lu, R., & Syah, E. F. (2023). Struktur Intrinsik Cerita Rakyat Betawi Sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 21629–21637. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9741

Nurhasanudin, Muhamad Rifki & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas VSDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Prihantini, A. S., Afika, A., & Nisa, Hilma Wardatun, E. F. S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Alphabet pada Siswa Kelas 1. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin V (SNIPMD V, 5(5), 220–226. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/260/254

Putriyani, S. (2021). Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Whatsapp Bagi Guru SMP. Maspul Journal of Community Empowerment, 3(1), 49–53. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/1620

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.36835/edukais.2020.4.2.120-125

Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3184

Syah, E.F & Khusnul, F. (2021). Implementasi Aplikasi Schoology untuk Pembelajaran Online Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19 di SMP Pribadi 1 Kota Tangerang. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 4(4), 213. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/167

Syah, Ezik Firman, E. a. (2023). Penerapan Aplikasi Samwell Essay Untuk Mengembangkan Literasi Digital Berbasis Artificial Intelligence. Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 3(2), 26–32. https://ejournal.unib.ac.id/andromeda/article/view/31280

Syah, E. F. (2020). Ideologi Gender pada Komentar Netizen di Vlog Youtube Dewi Persik: Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 3(3), 26–32. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/5/5

Syah, E. F. (2022). Merdeka Belajar dan Belajar dengan Riang Gembira Sejak Dini. Jurnal Pengabdian MasyarakatIlmu Pendidikan (JPMIP), 01(01), 126–132. https://doi.org/10.23960/jpmip.v1i02.39

Syah, E. F., & Nugroho, O. F. (2022). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(2), 127. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.4304

Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2723. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1154/879

Vebryanti, Syah, E. F. (2021). Tindak Tutur pada Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia KelasV SD Hikari Tangerang Selatan. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(4), 9–25. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i4.101

Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya Guru Professional dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1), 364–370. e-mail: missindah49@gmail.com

Yudiawan, A., Rusdin, R., Chudzaifah, I., & Sari, F. (2020). Pendampingan dan Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel Ilmiah melalui Web Seminar pada masa pandemi COVID-19 di Papua Barat. Community Empowerment, 5(2), 64. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.4021

Downloads

Additional Files

Published

2024-05-20

How to Cite

Syah, E. F., Damayantie, I., & Nugroho, O. F. (2024). PELATIHAN APLIKASI SAMWELL ESSAY UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL DI SMKN 12 KABUPATEN TANGERANG. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/13435

Citation Check