PENERAPAN AKUNTANSI DAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA PADA PEDAGANG BAJU DI PASAR DESA SIMPANG RAYA, KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Authors

  • Dhea Aristy Pricylia Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Martinus Budiantara Program Studi Akuntansi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Peranan UMKM di lingkungan menimbulkan dampak positif bagi masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan, menambah keterampilan masyarakat dan menciptakan inovasi tentang produk dan jasa. Hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar Tantangan yang dihadapi oleh UMKM yaitu munculnya pesaing baru yang mengharuskan para pelaku UMKM untuk terus membuat inovasi dan selalu mengetahui perkembangan agar usahanya dapat terus berjalan. Selain itu, lain yang dihadapi pelaku UMKM adalah masalah pengelolaan dana dan perputaran modal, hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang pencatatan dan pembukuan, kurangnya kesadaran pentingnya pembukuan. Oleh karena itu, kegiatan iini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM dengan melakukan digital marketing dan menerapkan akuntansi dalam melakukan kegiatan pada usahanya. Kegiatan ini telah membuktikan bahwa dengan mengikuti perkembangan zaman dan menerapkan akuntansi yang sesuai maka akan mempertahankan bisnis dan dapat memperluas cakupan perdagangan

References

Aryanto, Hanum, N., & Syaefudin, R. (2023). Faktor Teknologi, Organisasi, dan Lingkungan pada . Riset dan Jurnal Akuntansi, 632-643.

Junaidi, M. (2023, Juli 15). Opini. Diambil kembali dari Kementrian Keuangan RI Direktorat Jendral Perbendaharaan: https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

Ramadewi, P., Dewi, T., & Yusmawati. (2023). Analisis Penerapan Akuntansi Pada UMKM di Binjai Milineal Market di Kota Binjai. STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai, 267-280.

Wardi, J., Putri, G. E., & Liviawati. (2020). Pentingnya Penerapan Pengelolaan Keuangan Bagi . Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis.

Wulandari, I., & Budiantara, M. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single . DINAMISIA, 286-394.

Wulandari, I., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2022). Pelatihan Tertib Administrasi Kelompok Pembudidaya Ikan “Mino Djoyoâ€. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 114-124.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Pricylia, D. A., & Budiantara, M. (2023). PENERAPAN AKUNTANSI DAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA PADA PEDAGANG BAJU DI PASAR DESA SIMPANG RAYA, KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11250

Citation Check