Fitur Shopee Barokah dan Tokopedia Salam: Inovasi Marketplace Halal Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Digital Berbasis Syariah
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6559Abstract
References
Annisa Sulistyo Rini. (2021). Ada 5 Marketplace Raksasa, Indonesia Berpotensi jadi Produsen Produk Halal Terbesar. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210504/12/1390153/ada-5-marketplace-raksasa-indonesia-berpotensi-jadi-produsen-produk-halal-terbesar
Annur, C. M. (n.d.). Bantu Penjual, Tokopedia Buka Jaringan Logistik Toko Cabang di 3 Kota. https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a518acbddf/bantu-penjual-tokopedia-buka-jaringan-logistik-tokocabang-di-3-kota
ANSORI, A. (2016). Digitalisasi Ekonomi Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.32678/ijei.v7i1.33
Ayuni, R. F. (2019). The online shopping habits and e-loyalty of Gen Z as natives in the digital era. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(2), 168.
CNBC Indonesia. (n.d.). Produk Halal RI Incar Pasar Global, Potensinya Bikin Kaget. https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20201020120443-29-195644/produk-halal-ri-incar-pasar-global-potensinya-bikin-kaget
Dimas Bayu. (2022). “Sebanyak 86,9% Penduduk Indonesia Beragama Islam.†https://dataindonesia.id/ragam/detail/sebanyak-869-penduduk-indonesia-beragama-islam
Dimaz Hendra. (n.d.). Jalan Panjang Tokopedia Menjadi Unicorn Indonesia. https://swa.co.id/swa/profile/jalan-panjang-tokopedia-menjadi-unicorn-indonesia
Dionisio Damara. (2021). Sebanyak 15,3 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital per Agustus 2021. https://finansial.bisnis.com/read/20210923/90/1445946/sebanyak-153-juta-umkm-masuk-ekosistem-digital-per-agustus-2021
Dwi Hadya Jayani. (n.d.). Peta Persaingan E-Commerce Indonesia pada Kuartal II-2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/peta-persaingan-e-commerce-indonesia-pada-kuartalii-2020
Dwi Hadya Jayani. (2020). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-penggunaecommerce-2017-2023
Eddy Cahyono Sugiarto. (2019). Ekonomi Digital : The New Face of Indonesia’s Economy. https://www.setneg.go.id/baca/index/ekonomi_digital_the_new_face_of_indonesias_economy
Faiza, I., Nurani, L., Permatasari, I., & Adinugraha, H. H. (2022). FITUR HALAL SHOPEE BAROKAH SEBAGAI PREFERENSI BELANJA ONLINE MUSLIM DI ERA DIGITAL. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 78–87.
Firdaus, M. R. (2018). E-Money dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Jurnal Tahkim, 12(1), 145–156.
Gede Moenanto. (n.d.). Tokopedia dan Shopee Paling Banyak Dikunjungi dan Dibeli. https://wartakota.tribunnews.com/2018/12/07/tokopedia-dan-shoppe-paling-banyak-dikunjungi-dan-dibeli
Jusop, M., Ismail, R. M., & Ismail, N. A. (2018). Understanding Halal E-Commerce Practice: A Proposed Conceptual Framework. Global Business and Management Research, 10(3), 908.
Kartika, P. R. (2020). Intensi Penggunaan E-Commerce Tokopedia Salam: Adopsi Teori Technology Acceptance Model (TAM). Universitas Pendidikan Indonesia.
Kiki Sakinah. (2019). Malaysia Masih Rajai Industri dan Pasar Halal. https://www.republika.co.id/berita/pme0ly320/malaysia-masih-rajai-industri-dan-pasar-halal
Klaus, E., & Lücke, S. (2003). Reality TV–Definition und Merkmale einer erfolgreichen Genrefamilie am Beispiel von Reality Soap und Docu Soap. M&K Medien & Kommunikationswissenschaft, 51(2), 195–212.
KNKS. (2019). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional.
Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.
M. Daffa Dzikri Adila dan Natasya Kurnia Dewi. (2021). Peluang Indonesia Rajai Industri Halal Dunia. https://www.kompasiana.com/daffadzick/617cbe5006310e440b0e7bd2/peluang-indonesia-rajai-industri-halal-dunia
M Luthfi Abdurahman Maarif. (2020). Tujuan Halal Dan Haram Dalam Agama Islam. https://www.kompasiana.com/amp/mluthfiam/5c742a9f6ddcae15591de225/tujuan-halaldanharam-dalam-agama-islam.
Meinarni, N. P. S., & Thalib, E. F. (2019). Tinjauan Yuridis Mengenai Marketplace Terkait Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia. Jurnal IUS Kajian Hukum Dan Keadilan, 7(2), 194–205.
Pramintasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1–33.
Prasetya, W. B. (2021). Riset: Shopee dan Tokopedia Bersaing Kuasai Industri E-Commerce Indonesia. https://www.beritasatu.com/digital/844059/riset-shopee-dan-tokopedia-bersaing-kuasai-industri-ecommerce-indonesia
Pratomo, H. B. (2019). Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah, Shopee Luncurkan Fitur Shopee Barokah. https://m.merdeka.com/uang/dukung-pengembangan-ekonomi-syariahshopee-luncurkan-fitur-shopee-barokah.html
Rahman Lien Zhali. (2020). Media Sosial: Media yang Sering Digunakan pada Masa Pandemi Covid-19. https://www.kompasiana.com/lienzhaly0678/5fe43bced541df7d0a5edf12/media-sosial-media-yang-sering-digunakan-pada-masa-pandemi-covid-19?page=all&page_images=4
Ribadu, M. B., & Rahman, W. N. W. A. (2017). E-commerce quality evaluation metrics: A sharia compliance approach. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering (JTEC), 9(3–5), 101–110.
Rizaldi, M. W. (2020). ANALISIS HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SHOPEE DI INDONESIA DENGAN RELIGIOSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sahroni, O. (2020). Fikih Muamalah Kontemporer: Jilid 3. Republika Penerbit.
Sakina Rakhma Diah Setiawan. (2017). Negara Mana yang Rajai Industri Halal Dunia? https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/08/205641726/negara-mana-yang-rajai-industri-halal-dunia.
Sari, N. R., Awaliah, V., Agnyoto, P., & Meiyanti, F. (2021). ANALYSIS OF TECHNOLOGY UTILIZATION AND INNOVATION OF CONSUMER SATISFACTION IN PANDEMIC COVID-19. JABI (Journal of Accounting and Business Issues), 1(02), 51–68.
Setyorini, W., Jannah, A. R., & Wulansari, U. (2021). Opportunities and challenges halal marketplace in Indonesia. Journal of Halal Product and Research (JPHR), 4(2), 90–97.
Shopee. (2020). Ramadhan Semakin Berkah, Shopee Siapkan Kurasi Kebutuhan Muslim Terlengkap lewat Shopee Barokah. https://www.google.com/amp/s/amp.kontan.co.id/release/ramadhansemakin-berkah-shopee-siapkah-kurasi-kebutuhan-muslim-terlengkap-lewat-shopee-barokah
Suliana. (2022). Bangga! Walau Bukan Pilihan Utama, Marketplace Indonesia Rajai Pasar E-commerce Asia Tenggara. https://koran-jakarta.com/bangga-walau-bukan-pilihan-utama-marketplace-indonesia-rajai-pasar-e-commerce-asia-tenggara?page=all
Suretno, S. (2018). Jual Beli dalam Perspektif Al-Qur’an. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(01), 93–109.
Syafe’i, R. (2001). Fiqh Muamalah: Membahas Ekonomi Islam. Bandung, Pustaka Setia.
Witono, T., & Hendrayana, F. (2011). Pembuatan Aplikasi Web Jual Beli dan Lelang Online. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 101–111.
Yasser Paragian. (n.d.). Berusia lima tahun, Tokopedia kirimkan dua juta produk tiap bulannya. https://id.techinasia.com/toko-online-tokopedia-kirim-dua-juta-barang-per-bulan
Yenny Yusra. (n.d.). Tokopedia Rambah Layanan Fintech Tahun Ini. https://dailysocial.id/post/tokopedia-fintech
Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.