Analisis Halal Tourism dalam Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Lampung

Heni Noviarita, Muhammad Kurniawan, Gustika Nurmalia

Abstract

Abstract
The purpose of this research is to see tourist destinations in Prov. Lampung has the potential to become a sharia tourism, this is supported by an assessment of four aspects in tourist objects which include attractions, amenities, accessibility and ancillary. This research is descriptive analysis, the research data is obtained by distributing questionnaires, interviews and direct observation in 6 leading tourist destinations in Prov. Lampung which is the object of research. The results showed tourist destinations have advantages including adequate attractions by presenting scenic spots, supporting facilities and infrastructure for tourists, the availability of easily obtained information, and uniqueness with the concept of sharia in managing tourist attractions. However, there are still some weaknesses that need to be improved, including the absence of a guarantee of halal food products, the unavailability of adequate public transportation to get to tourist attractions, and no optimal cooperation between the government and managers. Halal tourism in Lampung Province has an opportunity due to the absence of sharia tourism in the Lampung area and it answers the needs of the Muslim community for Islamic tourism in Lampung.
Keyword: Halal tourism, economic growth.
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk melihat destinasi wisata di Prov. Lampung memiliki potensi untuk menjadi wisata syariah hal tersebut didukung dengan penilaian empat aspek yang ada di objek wisata yang meliputi atraksi, amenitas, aksesibilitas dan ancillary. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, data penelitian diperoleh dengan meyebarkan kuesioner, interview dan observasi langsung di 6 destinasi wisata unggulan yang ada di Prov. Lampung yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa destinasi wisata di Prov. Lampung memiliki potensi untuk menjadi wisata syariah hal tersebut di dukung dengan penilaian empat aspek yang ada di objek wisata yang meliputi atraksi, amenitas, aksesibilitas dan ancillary. Destinasi wisata memiliki keunggulan meliputi atraksi yang memadai dengan menyajikan spot pemandangan, sarana dan prasarana penunjang wisatawan, ketersediaan informasi yang mudah diperoleh, serta keunikan yang berkonsep syariah dalam pengeloaan tempat wisata. Namun, masih ada beberapa kelemahan yang perlu diperbaki yaitu meliputi belum adanya jaminan kehalalan produk makanan, belum tersedianya tranportasi umum yang memadai untuk menuju tempat wisata, serta belum terjalin kerjasama antara pemerintah dan pengelola secara optimal. Halal tourism di Provinsi Lampung memiliki peluang dikarenakan belum adanya wisata syariah di daerah Lampung dan memjawab kebutuhan masyarakat muslim akan pariwisata syariah di Lampung.
Keyword: Halal tourism, pertumbuhan ekonomi.

Full Text:

PDF

References

Adisasmita, Rahardjo. 2013. Teori-teori Pembangunan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Wilayah: Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Alwafi Ridho Subarkah, Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah, Jurnal Sospol, Vol 4 No 2 (Juli – Desember 2018)

Barbara G.Tabachnick dan Linda S. Fidell. 1996. Using Multivariate Statistics, .Third Edition. Harper Collins College Publisher.

Bacruddin Saleh Laturiean. 2019. Strategi Bisnis Pariwisata. Bandungf:fHumainiora.

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Deputi Bidang Ekonomi. 2014. Pembangunan Pariwisata 2015-2019. Jakarta: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Djamaludin Ancok. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Eka Dewi Satriana dan Hayyun Durrotul Faridah wisata halal: peluang dan tantangan, Journal of Halal Product and Research (JHPR) Vol. 01 No.02, Mei-November 2018.

Faqiatul Mariya Waharini dan Anissa Hakim Purwantini, Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia.Jurnal Muqtasid, 9(1). 2018.

Hadi Sutrisno. 2002. Metode Research. UGM: Yogyakarta.

fIfGustifBagusfRaifUtama. 2014. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakartaf:fDeepublish.

------------------------------.2017. fPemasaranfPariwisata.fYogyakartaf:fCVfAndifOfft.

Jaelani, A. Halal tourism industry in Indonesia: Potential and Prospect. International Review of Management and Marketing, Vol. 7 No. 3, 23-34. 2017.

James j. Spillane. 1987. Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

J. Supranto. 2004. Analisis Multivariat: Arti & Interpretasi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Muljadi A.j. 2010, Kepariwisataan dan perjalanan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Moh Pabundu Tika. 2006. Metode Risert Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukirno, Sadono, Makroekonomi. 2010. Teori Pengantar, Edisi Ketiga, Jakarta: PT. Raja Grasindo Perseda.

Tarigan, Robinson. 2005. Ekonomi Regional.Jakarta: PT. Bumi Aksara

Todaro, Michael P. 2009. Pembangunan Ekonomi. jilid 1, Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Todaro, Michael.P. dan Stephen C. Smith .2008. Pembangunan Ekonomi Edisi Ke Sembilan. Jakarta : Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.