Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik, Kepercayaan Pelanggan Muslim, Kepuasan Pelanggan, dan Niat Mengunjungi Website Kembali Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Customer Shopee di Kota Semarang

Authors

  • Akkinta Miranda Wiguna Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Indonesia
  • I Made Bayu Dirgantara

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.11414

Abstract

Perubahan gaya hidup masyarakat yang awalnya berbelanja secara offline menimbulkan peningkatan pasar online secara signifikan karena banyaknya masyarakat yang berbelaja secara online atau online shopping, dengan adanya online shop sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, apalagi kini banyak inovasi dari online shop seperti yang sekarang ini juga berkembang dengan yang namanya e-commerce dan marketplace.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan elektronik, kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan niat menungjungi website kembalu terhadap minat pembelian ulang pada customer shopee di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan landasan teori Stimulus-Response (S-R) behaviorisme, Teori E-commerce, Teori Perilaku Konsumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 dan dianalisis menggunakan alat analisis SEM (Structual Equation Modeling). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Layanan Elektronik berpengaruh positif terhadap kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan. Kepercayaan pelanggan berpengaruh positif terhadap niat mengunjungi website kembali dan minat pembelian ulang, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap minat pembelian ulang, dan niat mengunjungi website kembali berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang.

References

Ali, J., Perumal, S., & Shaari, H. (2020). Application of the stimulus-organism-response model in the airline industry: Examining mediating role of airline image in Minat pembelian ulang. International Journal of Supply Chain Management, 9(2), 981–989.

Bachmann, R., & Zaheer, A. (2016). The Handbook of Trust Research. https://doi.org/10.4337/9781847202819

Baskara, I., & Sukaatmadja, I. (2016). Pengaruh Online Trust Dan Perceived Enjoyment Terhadap Online Shopping Satisfaction Dan Minat pembelian ulang Lazada Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(11), 243782.

Caecaria, D. S., Hermawan, A., & Siswanto, E. (2022). The Effect Of Institutional Images And Motivation On Minat pembelian ulang (Collaboration Intention Partbership). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 46–57.

Chen, C. C., & Yao, J. Y. (2018). What drives impulse buying behaviors in a mobile auction? The perspective of the Stimulus-Organism-Response model. Telematics and Informatics, 35(5), 1249–1262. https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.02.007

Semuel, H., Wijaya, S., & Alianto, C. (2021). Pengaruh Usability, Information Quality, Dan Interaction Quality Terhadap Web Revisit Intention Dan Purchase Intention Website Bali Tourism Board. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 28–38. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.28-38

Tian, H., Siddik, A. B., & Masukujjaman, M. (2022). Factors Affecting the Minat pembelian ulang of Organic Tea among Millennial Consumers: An Empirical Study. Behavioral Sciences, 12(2). https://doi.org/10.3390/bs12020050

Downloads

Published

24-11-2023

How to Cite

Wiguna, A. M., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik, Kepercayaan Pelanggan Muslim, Kepuasan Pelanggan, dan Niat Mengunjungi Website Kembali Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Customer Shopee di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4582–4588. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.11414

Citation Check