Pengaruh Inovasi Terhadap Performa Usaha Melalui Keunggulan Bersaing Pada UMKM Syariah di Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.11411Abstract
References
Aristiyo, R., & Murwatiningsih. (2017). Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Kemitraan. Management Analysis Journal, 6 (1)(1), 44.
Asyhari, A., Pudjihastuti, S. H., & Kurdaningsih, D. M. (2018). Peran mediasi keunggulan kompetitif pada faktor determinan kinerja bisnis UKM di sentra tenun batik di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 22(2), 111–131. https://doi.org/10.20885/jsb.vol22.iss2.art1
Bahren, B., Ramadhani, I., & Suroso, E. (2018). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Marketing dan Inovasi Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(Mei), 8–18.
Basuki, & Widyanti, R. (2014). Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan. Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 67–81.
Cahyani, V. D. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Lingkungan Industri Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Strategi Pemasaran Pada Umkm Genteng Kabupaten Kebumen. Undergraduate Thesis Universitas Negeri Semarang.
Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, INovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal EMBA, 2(3), 1214–1224. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55
Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 10(01), 1–15.
Fatmawati, R. A. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang. Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro ABSTRAK.
Finoti, L., Didonet, S. R., Toaldo, A. M., & Martins, T. S. (2017). The role of the marketing strategy process in the innovativeness-performance relationship of SMEs. Marketing Intelligence and Planning, 35(3), 298–315. https://doi.org/10.1108/MIP-01-2016-0005
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. In Semarang, Universitas Diponegoro. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hajar, S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(10), 6580–6609.
Hasanah, R., Khuzaini, & Sulastini. (2020). Pengaruh Inovasi dan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Umkm Pakaian Sasirangan di Kota Banjarmasin. Procuratio, 8(4).
Heilbrunn, S., Rozenes, S., & Vitner, G. (2011). A “DEA†Based Taxonomy to Map Successful SMEs. International Journal of Business and Social Science, 2(2), 232–241.
Husaeni, R., Zulkifli, & Derriawan. (2021). Strategi Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pada Kantor Jasa Penilai Publik Rija Husaeni Dan Rekan. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 379–392.
kemenkeu. (2021). Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan. Https://Pen.Kemenkeu.Go.Id/. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-berbagai-bentuk-bantuan/
Khadka, K., & Maharjan, S. (2017). Customer Satisfaction And Customer Loyalty. Centria University of Applied Sciences Pietarsaari, November. https://doi.org/10.4337/9781781955970.00008
Kotler, P., & Keller, K. lane. (2012). Marketing Management. In Pearson Education Limited.
Kusuma, K., & Rastini, N. (2017). Peran Kunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. None, 6(8), 254627.
Lestari, I., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Pengaruh Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 111–118.
Mahmud, & Anomsari, A. (2011). Studi pada Usaha Kecil Menengah di Kawasan Usaha Barito Semarang. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011), 2011(Semantik), 1–8.
Narver, J. C., & Slater, S. F. (1990). The Effect of a Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing, 54(4), 20. https://doi.org/10.2307/1251757
Pekovic, S., & Rolland, S. (2016). Customer orientation and firm’s business performance: A moderated mediation model of environmental customer innovation and contextual factors. European Journal of Marketing, 50(12), 2162–2191. https://doi.org/10.1108/EJM-08-2015-0584
Rasyidi, M. F., & Sudjatno. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Umkm Keripik Buah Di Wilayah Malang Raya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).
Rodrigues, R. G., & Raposo, M. (2011). Entrepreneurial orientation, human resources information management, and firm performance in SMEs. Canadian Journal of Administrative Sciences, 28(2), 143–153. https://doi.org/10.1002/cjas.205
Rosadian, A. (2020). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing. Thesis Universitas Muhammadiyah Malang.
Saiman, L. (2012). Kewirausahaan teori, praktik, dan kasus-kasus. Salemba Empat. http://inlislite.banjarkab.go.id/opac/detail-opac?id=513
Salojärvi, H., Ritala, P., Sainio, L. M., & Saarenketo, S. (2015). Synergistic effect of technology and customer relationship orientations: Consequences for market performance. Journal of Business and Industrial Marketing, 30(5), 511–520. https://doi.org/10.1108/JBIM-07-2012-0120
Sari, F. A. P. W., & Farida, N. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(10), 345–352.
Sari, F. N. P. (2017). Pengaruh Lingkungan Pemasaran pada Kinerja Pemasaran Harian Surat Kabar Tribun Lampung. Post Graduate Thesis Universitas Lampung, 2(1), 1–10.
Sari, L. F. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pedagang Pakaian Jadi Di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus. Management Analysis Journal, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.15294/maj.v2i1.2028
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Supranoto, M. (2011). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran. 2(3), 14–17. http://eprints.undip.ac.id/24205/
Susana, E., & Andarwati, M. (2021). Peningkatan Keunggulan Bersaing dan Kinerja UKM di Era Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi 2021.
Tanoko, H. (2010). Kontributor Kinerja Pemasaran dari Aspek Reward, Individu dan Kreatifitas Strategi Pemasaran. JDM - Jurnal Dinamika Manajemen, 1(2), 115–124. https://doi.org/10.15294/jdm.v1i2.2466
Tsai, W.-H. S., & Men, L. R. (2013). Motivations and Antecedents of Consumer Engagement With Brand Pages on Social Networking Sites. Journal of Interactive Advertising, 13(2), 76–87. https://doi.org/10.1080/15252019.2013.826549
Widiatmo, G. (2019). Peran Orientasi Kewirausahaan Dan Sumber Daya Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Mekarsari Kandri Semarang. Journal of Business and Applied Management, 12(2), 117–130. http://repository.unika.ac.id/19553/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.