ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AYAM PETELUR CV. MUKTI FARM DI KABUPATEN BATANG

Authors

  • Moh Syahril Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
  • I Made Sukresna Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jap.v23i2.7334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha ayam petelur CV. Mukti Farm di Kabupaten Batang. Hal ini karena kendala yang dihadapi saat ini pada CV. Mukti Farm akan berdampak pada keberlangsungan bisnis sehingga dibutuhkan rancangan strategi yang tepat sasaran. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis lebih lanjut pada proses bisnis yang dijalankan CV. Mukti Farm agar mampu bersaing dengan kompetitor secara kompeptitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil melalui obesrvasi secara langsung, wawancara dan mengambil dokumen-dokumen dari CV. Mukti Farm di Kabupaten Batang. Metode yang digunakana dalam penelitian ini adalah purposive sample yaitu pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Penelitian ini menggunakan data primer. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan interpretasi. Hasil analisis membuktikan bahwa CV. Mukti Farm dalam posisi kuadran 1 atau mendukung strategi agresif untuk bisa berkembang dan bertahan ditengah persaingan yang semakin kompetitif. Kata Kunci : strategi pengembangan; analisis SWOT

References

Ajizah, S., Widjaya, S., & Situmorang, S. (2018). Strategi Pengembangan Ternak Ayam Ras Petelur Di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 6(1), 33. https://doi.org/10.23960/jiia.v6i1.33-40

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program (Cet. 1). Pustaka Pelajar.

Ashutosh, A., Sharma, A., & Beg, M. A. (2020). Strategic analysis using SWOT-AHP: a fibre cement sheet company application. Journal of Management Development, 39(4), 543–557. https://doi.org/10.1108/JMD-05-2019-0157

BPS Kabupaten Batang. (2020a). Populasi Unggas.

BPS Kabupaten Batang. (2020b). Produksi Telur.

de Olde, E. M., van der Linden, A., olde Bolhaar, L. D., & de Boer, I. J. M. (2020). Sustainability challenges and innovations in the Dutch egg sector. Journal of Cleaner Production, 258, 120974. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120974

Dinana, A., Latipudin, D., Darwis, D., & Mushawwir, A. (2019). Profil Enzim Transaminase Ayam Ras Petelur Yang Diberi Kitosan Iradiasi. Jurnal Nutrisi Ternak Tropis Dan Ilmu Pakan, 1(1), 6–15. https://doi.org/10.24198/jnttip.v1i1.25425

Effendy, R. (1996). Marketing Management (1st ed.). IKIP Malang.

Firdaus, M., & Yustianti, F. (2008). Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara.

Gupta, G., & Mishra, R. P. (2016). A SWOT analysis of reliability centered maintenance framework. Journal of Quality in Maintenance Engineering, 22(2), 130–145. https://doi.org/10.1108/JQME-01-2015-0002

Hanafie, R., & Fiva, R. (2010). Pengantar Ekonomi Pertanian (R. Fiva (ed.)). Andi.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (A. Maulana, B. Sabran, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Manajemen pemasaran; alih bahasa, Benyamin Molan ; penyunting bahasa, Bambang Sarwiji (4th ed.). Indeks.

Kurniawan, M. T., Putra Darmawan, D., & Sri Astiti, N. W. (2013). Strategi Pengembangan Agribisnis Peternakan Ayam Petelur di Kabupaten Tabanan. Jurnal Manajemen Agribisnis, 1(2), 53–66.

Lapani, K. B. (2014). Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur UD. Putra Tamago Di Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. E-Jurnal Agrotekbis, 2(1), 96–100.

Lestari, D. A. (2020). Analisis Pemasaran dan Strategi Pengembangan Peternakan Ayam Ras Petelur di Kecamatan Balung Kabupaten Jember. In Skripsi. Universitas Jember.

Mariyah. (2010). Analisis Finansial Budidaya Ayam Peterlur di Kalimantan Timur. Epp, 7(2), 6–13.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Nazzir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Purwanto, I., Santosa, T. H., & Hadi, S. (2020). Analisis Pemasaran Telur Ayam Ras di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Agribest, 4(2), 1–11.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis : Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21 (Cet. 15). Gramedia Pustaka Utama.

Setiawati, T., Afnan, R., & Ulupi, N. (2016). Performa Produksi dan Kualitas Telur Ayam Petelur pada Sistem Litter dan Cage dengan Suhu Kandang Berbeda. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 4(1), 197–203. https://doi.org/10.29244/4.1.197-203

Setyono, D. J., Ulfah, M., & Suharti, S. (2013). No Title. Penebar Swadaya.

Sudiyono, A. (2004). Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Swastha, B. (2007). Manajemen Pemasaran (8th ed.). Liberty.

Widyantara, I. N. P., Agung, I. G., & Sri, K. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Telur Ayam (Studi Kasus di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem). 6(7), 3766–3793.

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Syahril, M., & Sukresna, I. M. (2022). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AYAM PETELUR CV. MUKTI FARM DI KABUPATEN BATANG. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(2). https://doi.org/10.29040/jap.v23i2.7334

Citation Check

Most read articles by the same author(s)