Determinan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan

Neneng Sri Suprihatin, Kodriyah Kodriyah, Dyah Ayu Pradaningrum

Abstract


issues, especially large companies in Indonesia, show that they tend to be an important spotlight regarding their environmental activities, both those related to the environment, society, and the welfare of the company's employees themselves. As a result, many companies that deal directly or indirectly with the community must pay attention to their environmental problems to satisfy stakeholder interests. And some of these issues we can conclude that Corporate Social Responsibility is indispensable in the industrial world inorder to be responsible for the activities carried out by a company towards the environment and stakeholders. The purpose of this study was to examine the Determinants of Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure in the Company's Annual Report (Empirical Study of Basic and Chemical Manufacturing Companies in the IDX 2016-2020). The sampling method used is purposive sampling with a total of 24 companies as samples. The data analysis method used is multiple linear regression analysis and processed using SPSS 25. The test results show that: (1) company age has no significant effect on disclosure of social responsibility, and (2) ownership proportion structure has a negative and significant effect on disclosure of responsibility. social responsibility, (3) the age of the company has no significant effect on the disclosure of social responsibility, (4) media exposure has a significant effect on the disclosure of social responsibility, and (5) audit quality has no significant effect on the disclosure of social responsibility.

Full Text:

PDF

References


Andriana, I. K. G. S., & Anggara, I. W. G. W. P. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan Kepemilikan Saham Publik Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 111-127.

Dewi, S. P., & Keni, K. (2013). Pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Karya Ilmiah Dosen.

Erva Wartina, P. A. (2018). Dampak kinerja lingkungan, kepemilikan institusional, kepemilikan publik, leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial. Jurnal Akuntansi, 7(1).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.

Indraswari, G. A. D., & Astika, I. B. P. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Saham Publik pada Pengungkapan CSR. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9(3), 816-828.

Iswandika, R., & Murtanto & Sipayung, E. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan, Corporate Governance, Dan Kualitas Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi, 1(2), 1-18.

Luthfiyanti, V. Pengaruh Tata Kelola Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pertanggungjawaban Lingkungan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Munsaidah, S., Andini, R., & Supriyanto, A. (2016). Analisis Pengaruh Firm Size, Age, Profitabilitas, Leverage, dan Growth Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2014. Journal Of Accounting, 2(2).

Oktariani, W. (2013). Pengaruh Kepemilikan Publik, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 8(2), 100-117.

Pakpahan, Y., & Rajagukguk, L. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial.

Rahayu, P., & Anisykurlillah, I. (2015). Pengaruh kepemilikan saham publik, profitabilitas dan media terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Accounting Analysis Journal, 4(3).

Respati, R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2015). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran perusahaan, Tipe Industri, dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Rindawati, M. W., & Asyik, N. F. (2015). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan kepemilikan publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(6).

Rosyada, A., & Astrina, F. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Akuntabilitas, 12(1), 69-80.

Sukenti, S., Hidayati, N., & Mawardi, M. C. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Growth Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2013-2015). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 6(03).

Sunaryo, B. A., & Mahfud, M. K. (2016). Pengaruh Size, Profitabilitas Leverage dan Umur terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2010–2013). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 537-550.

Wang, M. C. (2017). The relationship between firm characteristics and the disclosure of sustainability reporting. Sustainability, 9(4), 624.

Widiastuti, H., Utami, E. R., & Handoko, R. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, tipe industri, growth, dan media exposure terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2014-2015). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 107-117

Yovana, D. G., & Kadir, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 21(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v23i2.5875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau