Fenomena Komplain Nasabah PAYDI PT Axa Mandiri Financial Services terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT AMFS Jember Area)

Authors

  • Fitria Tidarina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-1664-5861
  • Siti Maria Wardayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Indonesia
  • Alwan Sri Kustono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Indonesia

Keywords:

Risk Based Capital, Solvency, Complaint, Fraud and EDS

Abstract

This study aims to explore the complaint phenomenon from Axa Mandiri Finansial Services customer in the Jember area. This is a qualitative research with a case study approach. The research took place at the Mandiri Jember area form 2020 to 2021. Choosing field research to understand study in-depth situations . The researcher observes, records, interview, explores sources that are closely related to the events that occurred at that time. The result of this study that complaints have an impact on customer’s buying interest ad FA’s convidence to sell insurance products. RBC helps FA to assure customer that the company in the good condition. The Resechers found indication of fraud in several customer complaints cases. Finally, the implementation of EDS has proven to be affective in reducing the number of fraud and avoiding complaints in the future. FA need a condusive environment to get positive vibes to improve theirs performance. Their good performance help company to increase its solvency.

References

Amalia, sinta (2018). Dari PP 46/2013 hingga PP 23/2018. Retrieved from https://www.pajak.go.id/artikel/dari-pp-462013-hingga-pp-232018.

Aneswari YR, Darmayasa IY, Yusdita E E (2015). Perspektif Kritis Penerapan Pajak Penghasilan 1% pada UMKM. Simposium Nasional Perpajakan (SNP) 5 Fakultas Ekonomi - Universitas Trunojoyo Madura, 12 November 2015.

Aneswari, Yuyung Rizka (2018). Membongkar Imperialisme dalam Kebijakan Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal InFestasi. Vol. 14 No. 1 Juni 2018. Hal: 1 – 10.

IAI. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Retrieved from http://iaiglobal.or.id/v03/files/file_sak/emkm/

Indriana, Norsain, dan Faisol (2020). Tarif Pajak UMKM 0,5% : Reward Or Punishment ?. InFestasi : Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 16 No. 1 Juni 2020. Hal. 88-100.

Indaryani, Mamik. Budiman, Nita Andriyani, dan Mulyani, Sri. (2020). Dampak Covid-19 dan Pemanfaatan Insentif Pajak terhadap Keberlangsungan Usaha pada UMKM Tenun Troso Jepara. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol 9, No 3, Desember 2020.

Kamayanti, Ari (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi, Pengantar Religiositas Keilmuan : Edisi Revisi. Malang : Penerbit Peneleh.

Lestari, D. S. Nurlaela, S & Dewi, R. R (2021). Insentif Pajak, Bantuan Stimulus Pemerintah pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Boyolali. Journal Ekombis Review, Vol. 9 No. 1 January 2021. Hal : 135–146.

Miles, M., & Huberman, M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. London: Sage Publications. Retrieved from https://www.google.com/books?hl=en&lr=&id=U4lU_J5QEC&oi=fnd&pg=PR12&dq=Qualitative+data+analysis+Miller+Matthew&ots=kEWF2GTWXP&sig=5nuE4nXb5F3bXqVsFEHIpybw01U.

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak yang memiliki Peredaran Bruto tertentu.

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak Yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.03/2021 tentang Insentif Pajak untuk Wajib Pajak terdampak Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Prihantari, G. A. P. E. D., & Supadmi, N. L. (2015). Dampak Implementasi PP Nomor 46 Tahun 2013 Ditinjau dari Perilaku Kepatuhan Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 12(2), hal : 422–434.

Sarmigi, Elex. (2020). Analisis Pengaruh Covid-19 terhadap Perkembangan UMKM di Kabupaten Kerinci. Al-Dzahab 1(1), 1-17.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. 2019. Metode Penelitian Bisnis. Buku 2 : Edisi 6. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Suparnyo (2020). Melihat Insentif Pajak bagi UMKM dari Perspektif Contagius. Retrieved from https://www.pajak.go.id/id/artikel/melihat-insentif-pajak-bagi-umkm-dari-perspektif-contagius.

Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Zidni Amaliah Mardlo (2020). Lima Insentif Pajak untuk Pelaku Usaha. Retrieved from https://www.pajak.go.id/id/artikel/lima-insentif-pajak-untuk-pelaku-usaha

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Tidarina, F., Wardayati, S. M., & Kustono, A. S. (2022). Fenomena Komplain Nasabah PAYDI PT Axa Mandiri Financial Services terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT AMFS Jember Area). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(1). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/4280

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.