Jalan Terjal Implementasi QR Code Bank BCA di Bali

Miranda Devi Sonnya Lomi, Gede Sri Darma

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan agar diketahui bagaimana pengetahuan, minat, manfaat, dan kendala QRIS BCA pada dalam melakukan transaksi pembayaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu penelitian kualitatif. Peneliti memakai teknik wawancara secara mendalam dengan orang yang paling mengetahui dan menguasai tentang prosedur dan penggunaan QRIS BCA. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan masyarakat yang merupakan nasabah BCA di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan orang sudah tidak asing dengan metode pembayaran berbasis QR Code atau QRIS. Meski sudah memiliki aplikasi pembayaran berbasis QRIS, namun belum sepenuhnya masyarakat mengetahui dan menggunakannya untuk transaksi di merchant. Minat masyarakat untuk menggunakan QRIS BCA dipengaruhi oleh kebutuhan, undangan dari penyelenggara, teman, dan pemerintah. Namun ada masyarakat, yang belum berminat untuk menggunakan fitur QRIS BCA sebagai alat pembayaran karena masih lebih nyaman menggunakan pembayaran tunai. Faktor kendala yang dihadapi masyarakat untuk menggunakan QRIS BCA adalah ketidakstabilan Sinyal, kurangnya sosialisasi pengetahuan tentang QRIS, rusaknya Barcode QRIS, dan belum semua Merchant menggunakan QRIS BCA. Adapun manfaat QRIS yang dirasakan yaitu membuat pembayaran menjadi lebih mudah, aman, efektif dan efisien, akuntabel dan transparan dalam semua jenis transaksi yang dilakukan

Full Text:

PDF

References


Aulia, N., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Pada Minat Penggunaan Quick Response Code dalam Transaksi Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 28(3), 1749. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i03.p08

Alfianti. (2020). Implementasi Financial Technology Dalam Sistem Pembayaran Berbasis Qr Code Di Bank. Intitut Agama Islam Negri Palangkaraya.

Anastasia, A., Istiadi, M. A., & Hidayat. (2010). QR Code Sebagai Inovasi Identifikasi Tanaman Bagi Pengunjung Di Kebun Raya Bogor. Program Kreativitas Mahasiswa, 44(8), 085201. https://Doi.Org/10.1088/ 1751- 8113/44/8/085201

Bank Central Asia. (2020). Apa Itu Bca Qrku?Https://Www.Simulasikredit.Com/Apa-Itu-Bca-Qrku/

Bank Indonesia. (2017). Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.19/12/PBI/2017. In Central Bank Of Indonesia (Issue 88).

Bank Indonesia. (2019). Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/ 18 /Padg/2019.

Bank Indonesia. (2020). Quick Response Code Indonesia Standard.

Bastian, I., Winardi, R. D., & Fatmawati, D. (2018). Metoda Wawancara. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data, September 2018, 53–99.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, Evaluating, Quantitative And Qualitative Research (Fourth Edition). Pearson Education Inc.

Fadlan, A., & Dewantara, R. Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 62(1), 82–89.

Ginting, D. B., & Nugraha, A. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Sakuku Bca. 18(1), 42–61.

Halimah, S. N. (2018). Pengaruh Internet Banking Dan Kualitas Dengan Tingkat Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Pengaruh Internet Banking Dan Kualitas Dengan Tingkat Kepuasan Sebagai, 1–126.

Iradianty, A., & Aditya, B. R. (2020). Indonesian Student Perception In Digital Payment. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(4), 518–530. Https://Doi.Org/ 10.38043/Jmb.V17i4.2713

Komulainen, H., & Saraniemi, S. (2019). Customer centricity in mobile banking: a customer experience perspective. International Journal of Bank Marketing, 37(5), 1082–1102. https://doi.org/ 10.1108/IJBM-11-2017-0245

Kurniawati, H. A., Arif, A., & Winarno, W. A. (2017). Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 24. https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4563

Mayanti, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan User Terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard Sebagai Teknologi Pembayaran Pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123– 135. https ://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i2.2413

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mortimer, G., Neale, L., & Hasan, Syed Fazal E. Dunphy, B. (2015). Investigating the factors influencing the adoption of m-banking: A cross cultural study. International Journal of Bank Marketing, 33(4), 545–570. https://doi.org/10.1108/IJBM-07-2014-0100

Musyaffi, A. M., & Kayati, K. (2020). Dampak Kemudahan dan Risiko Sistem Pembayaran QR Code: Technology Acceptance Model (TAM) Extension. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2),161.https://doi.org/ 10.33603/jibm.v3i2.2635

Narastri, M. (2020). Financial Technology (Fintech) Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Islam. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 2(2), 155–170. https://doi.org/10.31538/iijse.v2i2.513

Natanael, D. P. (n.d.). Analisis Metode dan Penerapan Konsep Digital Watermarking pada QRIS ( Quick Response Code Indonesia Standard ).

Novi Arianti, N. L., Sri Darma, G., Fredy Maradona, A., & Mahyuni, L. P. (2019). Menakar Keraguan Penggunaan QR Code Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(2), 67. https://doi.org/10.38043/ jmb.v16i2.2041

Pradnyawati, N. M. A. A., & Darma, G. S. (2021). Jalan Terjal Transaksi Non Tunai Pada Bisnis Umkm. Media Bina Ilmiah, 15(10), 5505–5512.

Putri, N. A. (2020). Pelaksanaan Penggunaan Quick Response Code (Kode QR) untuk Sistem Pembayaran Berdasarkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/ 18 /PADG/2019 Tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran di Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Putu, N., Karniawati, A., Sri Darma, G., Mahyuni, L. P., & Sanica, G. (2021). Community Perception of Using Qr Code Payment in Era New Normal. Pjaee, 18(1), 3986–3999.

Ruslan, Karmawan, G. M., Suharjito, Fernandoand, Y., & Gui, A. (2019). QR Code Payment in Indonesia and Its Application on Mobile Banking. KnE Social Sciences, 2019, 551–568. https://doi.org/ 10.18502/kss.v3i22.5073

Sahoo, D., & S. Pillai, S. (2017). Role of mobile banking servicescape on customer attitude and engagement. International Journal of Bank Marketing, 35(7), 1115–1132. https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2015-0144

Saputra, I. P. (2019). Analisis Efektivitas Penggunaan Digital Payment Pada Mahasiswa Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya (Vol. 8, Issue 5).

Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 237–247.

Saragih, S. F., & Wagiu, E. B. (2019). Analisa Perencanaan Pembayaran Menggunakan Sistem QR Code di Industrial Universitas Advent Indonesia. TeIKa, 9(01), 15–29. https://doi.org/10.36342/teika.v9i01.788

Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS Di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(9), 921–946.

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Surekha, A., Rubesh Anand, P. M., & Indu, I. (2015). E-payment transactions using encrypted QR codes. International Journal of Applied Engineering Research, 10(77), 460–463.

Ulfi, I. (2020). Tantangan Dan Peluang Kebijakan Non-Tunai: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(1), 55–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v22i2.4073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau