Intensi Minat Kaum Milenial Dalam Mengadopsi Layanan Pinjaman Online (Peer to Peer Lending)

Ni Luh Putu Puspita Dewi, Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda

Abstract


Perkembangan teknologi tentunya semakin pesat, salah satu bentuknya yaitu peer to peer lending yaitu pinjaman berbasis teknologi yang merupakan salah satu bagian dari financial technology. Dimana pengguna layanan peer to peer lending mengalami peningkatan setiap tahunnya namun fenomena yang terjadi diprovinsi Bali sebaliknya dimana mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku generasi milenial di Kota Denpasar dalam mengadopsi layanan pinjaman online. Metode penelitian yang digunakan yaitu multistage sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 115 dan menggunakan alat analisis Structural Equational Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua variabel yang secara signifikan memengaruhi minat penggunaan layanan pinjaman online yaitu tingkat suku bunga dan social influence, sedangkan variabel yang secara signifikan tidak memengaruhi minat penggunaan layanan pinjaman online yaitu perceived ease of use, perceived usefulness, dan government regulation.

Keywords


Peer to Peer Lending; Model Penerimaan Teknologi; Tingkat Suku Bunga; Regulasi Pemerintah; Social Influence

Full Text:

PDF

References


APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. Retrieved from https://apjii.or.id/survei

Ichwan, I., & Kasri, R. (2019). Why Are Youth Intent on Investing Through Peer To Peer Lending? Evidence From Indonesia. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(4), 741–762.

Darmansyah, Fianto, B. A., Hendratmi, A., & Aziz, P. F. (2020). Factors determining behavioral intentions to use Islamic financial technology: Three competing models. Journal of Islamic Marketing, 12(4), 794–812. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2019-0252

Franedya, R. (2018). Ini Dia Empat Jenis Fintech di Indonesia. Retrieved June 13, 2020, from cnbcindonesia.com website: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20180110145800-37-1126/ini-dia-empat-jenis-fintech-di-indonesia

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Perkembangan Fintech Lending.

Digital, M. (2020). OJK dan Pemprov Bali Dukung Penyaluran KUR Secara Daring. Finansial.Bisnis.Com. Retrieved from https://finansial.bisnis.com/read/20201204/90/1326314/ojk-dan-pemprov-bali-dukung-penyaluran-kur-secara-daring

Febrianti, D., Hariadi, B., & Baridwan, Z. (2019). Techology Acepptance Model Sebagai Prediktor Penggunaan SIMDA. Jrak : Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 46–63. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/ index.php/jrak

Swandayani, D. M., & Kusumaningtias, R. (2012). PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA, NILAI TUKAR VALAS DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2005-2009. AKRUAL : Jurnal Akuntansi, 3(2), 147–166.

Shahzad, F., Xiu, G. Y., Wang, J., & Shahbaz, M. (2018). An empirical investigation on the adoption of cryptocurrencies among the people of mainland China. Technology in Society, 55, 33–40. https://doi.org/10.1016/ j.techsoc.2018.05.006

Al-Okaily, M., Lutfi, A., Alsaad, A., Taamneh, A., & Alsyouf, A. (2020). The Determinants of Digital Payment Systems’ Acceptance under Cultural Orientation Differences: The Case of Uncertainty Avoidance. Technology in Society, 63(September). https://doi.org/ 10.1016/j.techsoc.2020.101367

Mun, Y. P., Khalid, H., & Nadarajah, D. (2017). Millennials’ Perception on Mobile Payment Services in Malaysia. Procedia Computer Science, 124, 397–404. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.170

Isrososiawan, S., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2019). User Mobile Payment Behavior Using Technology Acceptance Model (TAM): Study of “Dana” E-Wallet Users. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6(2), 181.

Putritama, A., & Sari, R. S. P. (2020). Factors Affecting The Interest in Using E-money for Millennials. Jurnal Economia, 16(2), 245–256.

Setiawan, A., & Sulistiowati, L. H. (2017). Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam E-Business. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 10(2), 171–186.

Sulaeman. (2020). Factors determining behavioral intentions to use Islamic crowdfunding platform in times of Covid-19 in Indonesia: Evidence from TAM approach. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 7(1), 31–44.

Mohd Thas Thaker, M. A. Bin. (2018). Factors influencing the adoption of the crowdfunding-waqf model (CWM) in the waqf land development. Journal of Islamic Marketing, 9(3), 578–597. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2016-0043

Liébana-Cabanillas, F., Marinkovic, V., Ramos de Luna, I., & Kalinic, Z. (2018). Predicting the determinants of mobile payment acceptance: A hybrid SEM-neural network approach. Technological Forecasting and Social Change, 129(December 2017), 117–130. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.12.015

Sienatra, K. (2020). Dampak persepsi manfaat dan persepsi risiko terhadap fintech continuance intention pada generasi milenial di Surabaya. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(1), 1–12.

Joan, L., & Tony Sitinjak. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39.

Anifa, F., Anisa, A., Fadhila, N., & Prawira, I. F. A. (2020). Tingkat Kemudahan dan Manfaat pada Penggunaan Layanan Go-Pay bagi Minat Pengguna di Indonesia. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 37–49.

Kartika Dewi, N. L. P., & Purbadharmaja, ida bagus putu. (2019). Minat Pemilik Usaha Industri Kerajinan Bambu Dalam Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Kabupaten Bangli Ni. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 12(2), 155–165.

Irwansyah, M. R. (2018). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Koperasi Kredit Kubu Gunung Tegaljaya Di Desa Pancasari. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).

Sitanggang, R. E., Rotinsulu, T. O., & Maramis, M. T. B. (2021). Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar, dan Adanya Pandemi COVID-19 Terhadap Permintaan Kredit UMKM di Sulawesi Utara. JURNAL EMBA: JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 9(3), 121–130.

Soegesty, N. B., Fahmi, I., & Novianti, T. (2020). Kajian Faktor Yang Memengaruhi Adopsi Sistem Pijaman Peer To Peer Lending. Jurnal Manajemen Teknologi, 19(1), 59–79.

Alkhowaiter, W. A. (2020). Digital payment and banking adoption research in Gulf countries: A systematic literature review. International Journal of Information Management, 53(September 2019), 102102. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102102

Pratama Putra, A. D., & Kurnia, P. R. (2020). Utaut Extension Model: Faktor-Faktor Pembentuk Behavioral Intention To Repurchase Dalam Aktivitas Belanja Online Pada Marketplace C2C. Journal of Management and Business Review, 16(2), 149–173.

Japarianto, E., & Anggono, Y. D. (2020). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Intention To Buy Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi E-Commerce Tokopedia. Jurnal Strategi Pemasaran, 7.

Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black. William C. (1995). Multivariate Data Analysis: With Readings (4th ed.). Pearson College Div.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly, 36(1), 157–178. https://doi.org/10.1109/MWSYM.2015.7167037

Utami, N. T. (2020). Analisis Behavioral Intention Dan Use Behavior Digital Wallet Pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186–204.

Sun, H., & Zhang, P. (2006). Causal Relationships between Perceived Enjoyment and Perceived Ease of Use: An Alternative Approach. Journal of the Association for Information Systems, 7(9), 618–645. https://doi.org/10.17705/1jais.00100

Aditya, F. (2013). Suku bunga kredit, kualitas pelayanan inti, kualitas pelayanan periferal, kemampuan tenaga marketing, keputusan pengambilan kredit. Universitas Diponogoro Semarang.

Tobing, V. Ch. L., & Herman, H. (2020). Analisis Suku Bunga Kredit Dan Jaminan Kredit Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Pada Perusahaan Pembiayaan Di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 3(2), 139–150.

Albayati, H., Kim, S. K., & Rho, J. J. (2020). Accepting financial transactions using blockchain technology and cryptocurrency: A customer perspective approach. Technology in Society, 62, 101320. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101320

Wei, T. T., Marthandan, G., Chong, A. Y. L., Ooi, K. B., & Arumugam, S. (2009). What drives Malaysian m-commerce adoption? An empirical analysis. Industrial Management and Data Systems, 109(3), 370–388. https://doi.org/10.1108/02635570910939399

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Solimun. (2008). Memahami Metode Kuantitatif Mutakhir: Structural Equation Modeling & Partial Least Square (Program St). Malang.

Sari, L. K., & Soliha, E. (2018). Kualitas layanan, Persepsi Tingkat Suku Bunga Dan Lokasi terhadap kepuasan nasabah. Prosiding SENDI_U, 978–979.

Antara, & Santoso, S. P. (2021, October 21). Kasus Pinjol Ilegal di Sleman, Utang Rp 5 Juta, Bayar Bunganya Rp 80 Juta Sebulan - Kabar24 Bisnis.com. Retrieved December 11, 2021, from Bisnis.com website: https://kabar24.bisnis.com/read/20211021/16/1456931/kasus-pinjol-ilegal-di-sleman-utang-rp-5-juta-bayar-bunganya-rp-80-juta-sebulan

Madan, K., & Yadav, R. (2016). Behavioural intention to adopt mobile wallet: a developing country perspective. Journal of Indian Business Research, 8(3), 227–244. https://doi.org/10.1108/JIBR-10-2015-0112

Sagnier, C., Loup-Escande, E., Lourdeaux, D., Thouvenin, I., & Valléry, G. (2020). User Acceptance of Virtual Reality: An Extended Technology Acceptance Model. International Journal of Human-Computer Interaction, 36(11), 993–1007. https://doi. org/10.1080/10447318.2019.1708612

Changchit, C., Cutshall, R., Lonkani, R., Pholwan, K., & Pongwiritthon, R. (2019). Determinants of Online Shopping Influencing Thai Consumer’s Buying Choices. Journal of Internet Commerce, 18(1), 1–23. https://doi.org/10.1080/ 15332861.2018.1496391

VoA Indonesia. (2021, August 11). Literasi Keuangan, Upaya Melindungi Konsumen dari Dampak “Pinjol” | SWA.co.id. Retrieved December 11, 2021, from SWA Online website: https://swa.co.id/swa/trends/literasi-keuangan-upaya-melindungi-konsumen-dari-dampak-pinjol

Disemadi, hari S. dan R. (2021). Urgensi Suatu Regulasi yang Komprehensif Tentang Fintech Berbasis Pinjaman Online Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen di Indonesia. Jurnal Komunikasi Hukum, 7(2), 605–618. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v22i2.3937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau