Analisis Strategi Akuntansi Manajemen dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan PT Solo Murni

Intania Maharani, Desy Nur Pratiwi, Yuwita Ariessa Pravasanti

Abstract


This research aims to determine the influence of management accounting strategies in increasing sales volume at PT Solo Murni. The strategies studied include management accounting information system, promotion and brand image. The type of data used in this study is primary data in the form of questionnaires that are shared against samples that have been calculated by slovin formula so that a total of 110 employees of PT Solo Murni were obtained on ppic staff, production administration, and supervisors as samples.The data analysis method used in this study is Multiple Linear Regression using SPSS (Statistical Packages for the Social Science) version 23.00. The results of the data analysis showed that partially management accounting information system and brand image had a significant impact on sales volume at PT Solo Murni. Meanwhile, partial promotions have no effect and are insignificant to sales volume. Simultaneous testing of all three variables showed that management accounting system, promotion and brand image significantly affected 54.9% of sales volume at PT Solo Murni. Thus, other innovative strategies are needed in order to increase sales volume at PT Solo Murni.

Full Text:

PDF

References


Basuki dan Prawoto. 2016. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Books, TM. 2017. Sistem Informasi Akuntansi: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Fauziah, Uul Ulfah. 2019. Sales Promotion dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager Jurnal Ilmu Manajemen 2 (1): 145-160.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, Ilham. 2020. Analisis Pengendalian Intern Atas Sistem Informasi Penjualan Terhadap Efektivitas dan Efisiensi Penjualan (Studi Kasus Pada PT. Enseval Putera Megatrading Tbk.). Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan 8 (1): 1-8.

Hall, James A. 2009. Sistem Informasi Akuntansi Edisi 4 Buku 1. Penerjemah: Fitriasari dan Kwari. 2011. Jakarta: Salemba Empat.

Hariyani, Diyah S., 2018. Akuntansi Manajemen Teori dan Aplikasi. Malang: Aditya Media Publishing.

Herawati, Elly. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 3 (10): 47-57.

Herawaty, Netty. 2018. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Efektivitas Penjualan Dengan Pengendalian Intern Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Kerajinan Batik di Kota Jambi). Jurnal Akuntansi 6 (2): 131-142

Herispon, 2020. Panduan Pengolahan Data Penelitian Menggunakan SPSS 23.00 Bagi Mahasiswa. Research Gate: STIE Riau.

Hutabarat, Esterlina. 2017. Pengaruh Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi 3 (2): 83-91.

Madjid, Brilianne. 2019. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Volume Penjualan Teh Botol Sosro di Kota Bandung. e-Proceeding of Management 6 (3): 6.029-6.037.

Mardiyansyah. 2019. Strategi Brand Image 212 Mart Jalan Mahakam Lingkar Barat Kota Bengkulu Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Prespektif Manajemen Dakwah. Skripsi. Bengkulu: Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Bengkulu.

Nufus, Khayatun. 2018. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business 1 (1): 61-70.

Nurhalima. 2018. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Restoran KFC Hasanuddin Palu. e- Journal Agrotekbis 6 (2). 2018: 194-199.

Pradiani, Theresia. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jibeka 11 (2): 46- 53.

Pulungan, Zulharmein. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT Astra International Tbk. Jurnal Ilmiah osf.io.

Romney dan Steinbart. Tanpa Tahun. Sistem Informasi Akuntansi Edisi 13. Penerjemah Sakinah, Safira dan Puspasari. 2014. Jakarta: Salemba Empat.

Salahudin, Iyab. 2020. Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Efektivitas Penjualan. Budgeting: Journal of Business, Management and Accounting 2 (1): 194- 20.

Sanusi, Anwar. 2016. Metode Penelitian Bisnis Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Setyaningrum, Ari. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran Plus Tren Terkini: Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneurial Marketing, e Marketing. Yogyakarta: Andi.

Simanjuntak, Martha S.P., 2019. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dalam Meningkatkan Pengendalian Intern Penjualan pada PT. Gunung Selamat Lestari Labuhan Batu Selatan. Majalah Ilmiah Methoda 9 (1) : 33-40.

Siregar dan Suripto. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Sufian, Atriah. 2020. The Impact of Social Media Marketing on Sales Performance of Small Online Business. European Journal of Molecular & Clinical Medicine 7 (3): 922-940.

Sutabri, Tata. 2014. Sistem Informasi Manajemen Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA 1 (3): 1.291-1.301.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v23i1.2928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau