ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.29040/jap.v16i02.211Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan dokter/perawat, ketersediaan fasilitas, layanan administrasi dan keuangan dengan kepuasan pasien yang berobat di RSUD Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian ini maka sampel yang digunakan adalah pasien yang pernah berobat di RSUD Sukoharjo. Metodologi yang digunakan adalah analisis statistik regresi linear berganda. Melalui penelitian ini diketahui  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan yang meliputi layanan dokter/perawat, layanan fasilitas, layanan administrasi dan keuangan dengan Kepuasan Pasien di RSUD Sukoharjo. Dari hasil ini   RSUD Sukoharjo dapat menentukan strategi pengembangan layanan untuk mencapai tujuan Rumah Sakit.
Kata Kunci : Layanan, Kepuasan Pasien, RSUD Sukoharjo
References
Assel, Henry, 1995, Consumer Behavior and Marketing Action, Fifth Edition, South Western College Publishing.
Engel, James F, et al, 1994, Perilaku Konsumen, Alih Bahasa: FX Budiyanto, Edisi Keenam, Binarupa Aksara, Jakarta.
Hadi, Sutrisno, 1991, Analisis Butir Untuk Instrumen, Edisi Pertama, Andi Offset, Yogjakarta.
Hawkins, Del, et al, Consumer Behavior: Implication for Marketing Strategy, Sixth Edition, Irwin Inc. 1995.
Kottler, Philip, 1997, Management of Marketing: Analysis, Planning, Implementation and Control, Ninth Edition, Prentice Hall Inc.
Kuncoro, Mudrajad, 2001, “Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomiâ€, UPP AMP YKPN Yogyakarta.
Lane, P.M, and Linquist, J.D., (1988), Hospital Choice: a Summary of The Key Empirical and Hyphotetical findings of The 1980s, Journal of Healthcare Marketing, Vol.8, No.4
MacKenzie, Scott B., Richard J Lutz,George E.Belch, Mei 1986, The Role of Attitude Toward the Ad as a Mediator of Advertising Effectiveness: A Test of Competing Explanation, Journal of Marketing Research 23, 130-143.
Mano, Haim, Richard L.Oliver, Desember 1993, Assessing the Dimensionality and Structure of the Consumption Experience: Evaluation, Feeling, and Satisfaction, Journal of Consumer Research,Inc, 451-466.
McCharty, E.Jeromi, and William D Perreault, 1995, Essentials of Marketing, Fith Edition, Irwin.
Oliver, Richard L, Desember 1993, Cognitive, Affective, and Attribute Bases of the Satisfaction Response, Journal of Consumer Research, Inc. Vol.20. 418-430.
Radiosunu, 1994, Konsep, Sistem dan Fungsi Manajemen Pemasaran, BPFE, Yogjakarta.
Riduwan, 2003, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Robbins, Stephen P, 1998, Perilaku Organisasi, Edisi Kedelapan, Versi Bahasa Indonesia, Pearson Education Asia.
Saleh, Samsubar, 1998, Statistik Induktif, Edisi Kedua, Liberty, Yogjakarta.
Santoso, Singgih, 2001, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Smith, Craig A, and Phoebe C. Ellsworth, 1985, Patterns of Cognitive Appraisal in Emotion, Journal of Personality and Social Psychology, 813-838.
Sudibyo, Bambang, (1997), Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Balanced Scorecard: Bentuk, Mekanisme, Dan Prospek Aplikasinya Pada BUMN, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol 12, 2, 35-49.
Weiner, Bernard, 1986, An Attributional Theory of Motivation and Emotion, New York: Springer.
Westbrook, Robert A, 1987, Product/Consumption-Based Affective Responses and Postpurchase Processes, Journal of Marketing Research, 258-270.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Akuntansi dan Pajak and publishing rights belong entirely to LLPM STIE AAS SurakartaÂ
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.