Pengaruh Pemahaman, Trust, Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Pada BAZNAS Kabupaten Luwu

Authors

  • hildawati hildawati Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Antong Antong Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Abid Ramadhan Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

Abstract

ABSTRACT The purpose of research is for examine in empirical influence comprehension, trust, and transparency on zakat organization to society interest pay zakat to BAZNAS LUWU area. Subject to use in the research is independent subject (comprehension, trust, and transparency on zakat organization) but dependent subject is (interest). Research do this on Luwu Area with take population muzakki from Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Research kind to use this quantitative descriptive approach with survey method. Population in research is Muzakki it has name on registered BAZNAS Luwu Area. Interpretation technic sample use Accidental samping method is so easy sample to access. Amount determining sample use Slovin formulation. Sample amount to success process data has 68 people. Analysis data tecnic for use in research is Multiple Regresion linear with SPSS Version 23. Result from hypotheses test on research in a partial indication value t count for subject comprehension as big as -0,397. And for trust as 3,394 and for transparency on zakat organization as 4.114. so, result from t count show it in a partial subject comprehension nothinginfluenceto society interest pay zakat to Baznas Luwu Area but subject trust and transparency on zakat organization has influence to society interest pay zakat to Baznass Luwu Area. Keywords: Zakat, BAZNAS, Comprehension, Trust, Transparency, Interest, Muzakki. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pemahaman, trust, dan transparansi lembaga zakat terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kabupaten Luwu. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu variabel independen (pemahaman, trust, dan transparansi lembaga zakat) sedangkan variabel dependen (minat). Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Luwu dengan mengambil populasi muzakki dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah muzakki yang namanya terdaftar di BAZNAS Kabupaten Luwu. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yaitu sampel yang paling mudah untuk diakses. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel yang datanya berhasil diolah yaitu sebanyak 68 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 23. Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini secara parsial ditunjukkan nilai t hitung untuk variabel pemahaman sebesar -0,397, untuk variabel trust sebesar 3,394 dan variabel transparansi lembaga zakat sebesar 4,114. Jadi, hasil dari uji t membuktikan bahwa secara parsial variabel pemahaman tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kabupaten Luwu. Sedangkan variabel trust dan transparansi lembaga zakat berpengaruh terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kabupaten Luwu. Kata Kunci: Zakat, BAZNAS, pemahaman, trust, transparansi, minat, muzakki

References

Aziz, A. dan Alfiah, S. R. 2018. Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Membayar Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional(BAZNAS)Kabupaten Kuningan. Jurnal Ekonomi Manajemen 1 (1).

Asminar. 2017. Pengaruh Pemahaman, Transparansi Dan Peran Pemerintah Terhadap Motivasi Dan Keputusan Membayar Zakat Pada BAZNAS Kota Binjai. At-Tawassuth3(3): 260-281.

Assaggaf, M. A. 2016. Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat (Studi Pada BAZNAS Kota Makassar Ruang Lingkup UPZ Kantor Kementerian Agama Kota Makassar). Skripsi. Universitas Islam Alauddin. Makassar.

Daulay, A. H. dan Lubis, I. 2015. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Instansi Bazis/Laz Di Kota Medan (Studi Kasus : Masyarakat Kecamatan Medan Tembung ). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan3 (4): 241–251.

Fathuddin. 2018. Pengaruh Pemahaman Dan Kesadaran Muzakki Terhadap Kepatuhan Membayar Zakat Pertanian Dengan Penguatan Pendapatan Pertanian (Studi Pada Masyarakat Kec Mapilli Kab Polman).Skripsi. Universitas Islam Alauddin. Makassar.

Ghofiqi, M. A. Al. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzaki Membayar Dan Tidak Membayar Zakat Pada Lazismu Kabupaten Jember. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia)3 (1): 1–14.

Hasrina, C. D., Yusri, Y., dan Sy, D. R. A. S. 2018. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 2 (1): 1–9.

Hasmianti. 2018. Analisis Akuntabilitas dan Pendayahgunaan Dana Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Pada BAZNAS Kabupaten Luwu. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah. Palopo.

Harahap, K. R. 2019. Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki (Studi Kasus: Baznas Provinsi Sumatera Utara). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Ikhwandha, M. F. 2018. Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Kepercayaan Efektif dan Kognitif Terhadap Minat Bayar Zakat Melalui Lembaga Zakat. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Inayah, N. dan Muanisah, Z. 2018. Hubungan Kepercayaan, Transparansi, Dan Akuntabilitas Terhadap Loyalitas Muzakki Pada Badan Amil Zakat (Studi Kasus di Kecamatan Tegalsari Banyuwangi). Jurnal Ekonomi Syariah1 (2): 17–33.

Jayanto, P. Y., dan Munawaroh, S. 2019. The Influences of Reputation, Financial Statement Transparency, Accountability, Religiosity, and Trust on Interest in Paying Zakat of Profession. Jurnal Dinamika Akuntansi 11 (1): 59–69.

Kamaruddin, A. M., Hasid, H. Z., dan Yuningsih, H. I. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berzakat Profesi dan Loyalitas Muzakki terhadap LAZ Rumah Zakat Kota Samarinda. Jurnal Eksekutif12 (2): 284–299.

Larasati, S. A. E. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas Dan Pendapatan Terhadap Rendahnya Minat Masyarakat Muslim Berzakat Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Studi Kasus Masyarakat Desa Sisumut). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Mulyana, A., Mintarti, S., dan Wahyuni, S. 2019. Pengaruh Pemahaman Dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kaltim Kota Balikpapan 3 (4).

Nofitasari, R. F. 2020. Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Shodaqoh Nahdatul Ulama Provinsi Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Nugroho, A. S., dan Nurkhin, A. 2018. Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas dengan Faktor Usia Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal 8(3): 955–966.

Nur, M. M., dan Zulfahmi. 2018. Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, dan Kepercayaan, Terhadap Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Lhokseumawe. JurnalEkonomi Regional Unimal1 (3): 19–29.

Pangestu, I., dan Jayanto, P. Y. 2017. Analysis in Factors Affecting Muzakki Motivation to Pay Zakat in Semarang City. Accounting Analysis Journal 6 (1): 90–99.

Pospos, A. F. F. 2018. Pengaruh Tingkat Pendapatan, Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Pengusaha Warung Kopi Membayar Zakat Di Baitul Maal Kota Langsa. At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam 4 (2): 155–168.

Rahayu, S. B., Widodo, S., dan Binawati, E. 2019. Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki (Studi Kasus pada Lembaga Amil Zakat Masjid Jogokariyan Yogyakarta). Journal of Business and Information Systems1 (2): 103–114.

Sariningsih, D (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Zakat, Religiusitas, Dan Motivasi Membayar Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi (Studi Kasus ASN Di Kabupaten Semarang). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Salatiga.

Satrio, E., dan Siswantoro, D. 2016. Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi XIX Lampung1 (4): 308–315.

Sintiani, T., Nurhasanah, N., dan Nurdin, N. 2016. Pengaruh Pengetahuan dan Kepercayaan terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Sinergi Foundation Kota Bandung. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah 3 (1): 300–305.

Yuliafitri, I., dan Khoiriyah, A. N. 2016. Pengaruh Kepuasan Muzakki, Transparansi Dan Akuntabilitas Pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzakki (Studi Persepsi Pada Laz Rumah Zakat). Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam7 (2): 205–218.

Yunus, M. 2016. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas Dan Kontribusi Terhadap Minat Pedagang Mengeluarkan Zakat Di Baitul Mal (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Los Lhokseumawe). Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Buku dan Artikel

Ali, M. D. 2006. Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf: Cetakan Pertama. Universitas Indonesia. Jakarta.

Arif, A. 2018, Problematika Zakat di Indonesia, https://kompasiana.com, 1 November 2019 (14.20)

Hafidhuddin, D. 2002. Zakat Dalam Perekonomian Modern. Cetakan Pertama. Gema Insani. Jakarta.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Andi Offset. Yogyakarta.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 109 (Revisi 2010). Akuntansi Zakat dan infaq/Sedekah. Dewan Standar Akuntansi Keuangan-Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.

Purwanto, S. 2017. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Salemba Empat. Jakarta.

Rahman. W. M. 2018, Potensi Zakat di Indonesia, https://www.validnews.id, 1 November 2019 (14.42)

Sholahudin, A. 2017, Mengapa Pengelolaan Zakat di Indonesia Masih Belum Efektif, https://www.kompasiana.com, 1 November 2019 (17.55)

Soemitra, A. 2009. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana. Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Zakat. 23 September 1999. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 3885. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2001 Keputusan Presiden (KEPPRES) Tentang Badan Amil Zakat Nasional. 17 Januari 2001. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2001. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. 25 November 2011. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 5255. Jakarta.

Downloads

Published

2021-01-18

How to Cite

hildawati, hildawati, Antong, A., & Ramadhan, A. (2021). Pengaruh Pemahaman, Trust, Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Pada BAZNAS Kabupaten Luwu. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/1340

Citation Check