KELAS LITERASI: UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK SD N 02 JANTIHARJO DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KKN TEMATIK KAMPUS MENGAJAR)

Authors

  • Dwi Aries Himawanto Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Alfian Kharis Ghossy Gholib Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Berliana Arvi Septiarista Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Faiz Yahya Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Hesti Pratiwi Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Inna Marfungah Usaidah Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Mita Sofia Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Tifla Maulida Khasanah Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Vivi Novatona Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Vulan Febriana Citra Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Yustisia Ahnaf Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 dan menyebar pada tahun 2019 diberbagai belahan dunia. Banyak upaya yang telah dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus tersebut, mulai dari penerapan protokol kesehatan secara ketat (penggunaan masker, hand sanitizer, isolasi mandiri) sampai pemberian vaksin secara massal. Dampak dari pandemi Covid-19 mempengaruhi dalam bidang pendidikan, yaitu sekolah dilaksanakan secara online atau daring. Pelaksanaan secara online memberikan keterbatasan interaksi secara langsung antara guru dan siswa, hal ini dikarenakan tidak memiliki fasilitas memadai bahkan terkendala oleh signal. Sehingga proses pembelajaran berlangsung kurang maksimal. Akibatnya ditemukan beberapa siswa mengalami kesulitan membaca dan menulis ketika proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka atau luring. Permasalahan tersebut ditemukan di SD Negeri 02 Jantiharjo. Salah satu program kerja KKN UNS Tematik Kampus Mengajar yaitu kelas literasi. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di SD Negeri 02 Jantiharjo. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode pendampingan belajar. Partisipasi peserta didik sangat baik yang ditunjukkan dengan antusiasme siswa dalam belajar. Dampak dari kegiatan kelas literasi mampu membantu siswa dalam kesulitan membaca dan menulis.

References

Aeni, N. (2021). Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial. Jurnal Litbang, 17(1).

Farihatin, A. R. (2013). Kegiatan Membaca Buku Cerita dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hakim, R. R. (2021). Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement & Emergence Journal, 2(1).

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukatif, 3(2).

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1).

Tamaya, E. E., Suyono, & Roekhan. (2018). Membaca-Menulis sebagai Metode Belajar Analisis Meta-Teori. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3).

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).

Downloads

Published

2022-10-11

How to Cite

Himawanto, D. A., Ghossy Gholib, A. K., Septiarista, B. A., Yahya, F., Pratiwi, H., Usaidah, I. M., … Ahnaf, Y. (2022). KELAS LITERASI: UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK SD N 02 JANTIHARJO DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KKN TEMATIK KAMPUS MENGAJAR). BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(2), 505–509. Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/6662

Citation Check