PENDAMPINGAN MANAJEMEN PEMASARAN BATIK CIPRAT KARYA PENYANDANG DISABILITAS

Authors

  • Suprihati Suprihati Program Studi Perpajakan, ITB AAS Indonesia Surakarta, Indonesia
  • Muhammad Tho’in ITB AAS Indonesia Surakarta, Indonesia
  • Sumadi Sumadi ITB AAS Indonesia Surakarta, Indonesia
  • Suhesti Ningsih ITB AAS Indonesia Surakarta, Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tujuan memberikan pendampingan manajemen pemasaran batik ciprat hasil karya penyandang disabilitas “Karya Barokah†dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat di Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri. Kegiatan pengabdian ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan LPPM Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia ke beberapa sentra industri kecil di Karesidenan Surakarta termasuk Kabupaten Wonogiri. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tutorial penyampaian materi-materi terkait manajemen pemasaran secara umum yang dilanjutkan dengan pendampingan strategi pemasaran secara spesifik terhadap batik ciprat mulai dari strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi distribusinya. Waktu pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu semester gasal 2020/2021 secara terprogram sebulan sekali. Tempat pelaksanaan pengabdian di Balai Desa Pucung yang merupakan tempat pengembangan produksi batik ciprat ini. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan manajemen pemasaran batik ciprat hasil karya disabilitas Paguyuban Karya Barokah dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan penjualannya. Implikasi dari kegiatan pengabdian ini yaitu manajemen pemasaran yang dilakukan lebih maksimal dan lebih matang mulai dari strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi distribusinya meskipun di tengah berbagai keterbatasan yang ada, yang berdampak secara langsung pada peningkatan penjualan dan secara ekonomi meningkatkan kesejahteraan saudara-saudara kita para penyandang disabilitas. Kata kunci: pendampingan, manajemen pemasaran, batik ciprat, penyandang disabilitas

References

Garnadi, A. D., Guritman, S., Kusnanto, A., & Hanum, F. (2012). Survey Pola Grup Kristalogi Bidang Ragam Batik Tradisional. Journal of Mathematics and Its Applications, 11(2), 1-10.

Fauzia, A. N., & Na'am, M. F. (2020). Motif Batik Belimbing: Kajian Sumber Ide dan Makna Simbolis. Teknobuga: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 102-107.

Kusumaningtyas, R. F. (2009). Perlindungan Hak Cipta atas Motif Batik sebagai Warisan Budaya Bangsa (Studi Terhadap Karya Seni Batik Tradisional Kraton Surakarta) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

T. F. E. Nendy Akbar Rozaq Rais, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BATIK DI TOKO ANDINI PLUPUH,†Pros. Semin. Nas. Call Pap. STIE AAS, vol. 2, no. November 2020, pp. 1–6, 2020.

Lestari, S. D. (2012). Mengenal Aneka Batik. PT Balai Pustaka (Persero).

Linardo, M. (2018). Manajemen pemasaran. Cikudanews.

Mulyaningrum, E. (2006). Pengembangan pola batik klasik†s†martawi di Gajahan Surakarta kajian tentang ragam hias, proses, bahan dan fungsi.

Mulyati, T., Rohmatiah, A., & Amadi, D. N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Disabilitas Melalui Keterampilan Batik Ciprat: KSM Sambung Roso Simbatan–Nguntoronadi-Magetan. SNHRP, 53-60.

Nasyiithoh, H. K. (2019). Eksistensi Tunagrahita dalam Pembuatan Batik Ciprat. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 79-86.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.

Utami, R. (2014). Ensiklopedia Batik dan Kain Hias Nusantara.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Suprihati, S., Tho’in, M., Sumadi, S., & Ningsih, S. (2021). PENDAMPINGAN MANAJEMEN PEMASARAN BATIK CIPRAT KARYA PENYANDANG DISABILITAS. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 214–221. Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/2396

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>