PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI ASESMEN POTENSI LOKAL DAN STRATEGI PLACE BRANDING BERKELANJUTAN PADA DESA WISATA SENDANG KAMAL. MAGETAN
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.18498Abstract
Desa Sendang Kamal di Kabupaten Magetan memiliki potensi wisata alam dan budaya yang besar namun belum dikelola optimal karena keterbatasan infrastruktur, promosi, dan kelembagaan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan mengidentifikasi potensi wisata, meningkatkan kapasitas masyarakat, serta merancang strategi place branding berbasis kearifan lokal. Metode pelaksanaan mencakup asesmen potensi, pelatihan partisipatif, pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan melalui penyajian materi asesmen potensi desa wisata, merancang produk wisata dan place branding. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa atraksi budaya, kuliner tradisional, dan situs petirtaan menjadi daya tarik utama dengan dukungan kelembagaan yang cukup baik. Pelatihan place branding menghasilkan visi strategis dan identitas visual yang memperkuat citra Sendang Kamal sebagai destinasi sejarah dan budaya edukatif. Kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan wisata berkelanjutan serta mendorong pengembangan amenitas dan promosi digital.