PENDAMPINGAN BAHASA ARAB BAGI MAHASISWA MA’HAD IBNU ZUBAIR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DALAM BERKOMUNIKASI
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.18371Abstract
Penguasaan bahasa Arab merupakan kompetensi esensial bagi mahasiswa di lembaga pendidikan Islam, karena menjadi pintu utama dalam memahami Al-Qur’an, hadis, dan khazanah keilmuan Islam. Namun, sebagian mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan berkomunikasi secara aktif. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi komunikasi bahasa Arab mahasiswa Ma’had Ibnu Zubair melalui penerapan pendekatan service learning yang memadukan proses pembelajaran akademik dengan aktivitas pelayanan sosial dan refleksi kritis. Tahapan pelaksanaan meliputi: identifikasi kebutuhan dan pemetaan kemampuan awal mahasiswa, (2 perancangan dan implementasi kegiatan pendampingan berbasis praktik komunikasi, serta evaluasi hasil melalui observasi, wawancara, dan tes performatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada penguasaan kosakata, struktur kalimat, serta keberanian mahasiswa dalam berbicara bahasa Arab. Selain itu, mahasiswa menunjukkan peningkatan kesadaran sosial dan tanggung jawab akademik melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan berbasis bahasa Arab di lingkungan Ma’had. Pendekatan service learning terbukti efektif dalam mengembangkan kompetensi komunikatif sekaligus menumbuhkan nilai pengabdian dan kolaborasi dalam konteks pendidikan Islam.