KOMPETENSI GURU BERBASIS KEPRIBADIAN PROAKTIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.18267Abstract
Abstrak
Kepribadian proaktif dan keterampilan sosial sangat penting untuk membangun kompetensi profesional guru, terutama kompetensi kepribadian dan sosial. Karena itu, artikel ini bertujuan mengungkap efektivitas kegiatan workshop membangun kepribadian proaktif dan keterampilan sosial guru dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, terutama kompetensi kepribadian dan sosial. Kegiatan melibatkan partisipan 21 guru. Untuk mengukur efektivitas kegiatan digunakan kuesioner kepribadian proaktif dan keterampilan sosial yang diberikan sebelum pelaksanaan dan tiga bulan setelah pelaksanaan kegiatan workshop. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan komparatif. Hasilnya menunjukkan bahwa workshop kepribadian proaktif dan keterampilan sosial cukup efektif meningkatkan kompetensi guru, khususnya kompetensi kepribadian dan sosial. Temuan ini bukan sekedar memperkaya studi sebelumnya tetapi juga memberikan insight perlunya penguatan kompetensi kepribadian dan sosial guru melalui kegiatan workshop kepribadian proaktif dan keterampilan sosial, terutama untuk meningkatkan kompetensi kepribadian dan sosial guru.
Kata kunci: Kepribadian proaktif, keterampilan sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, guru.
Abstract
A proactive personality and social skills are crucial to develop theachers’ professional competence, primarily personality and social competence. Therefore, this article aims to explore the effectiveness of a workshop on developing a proactive personality and social skills in improving teachers' personal and social competence. The workshop involved 21 teachers. A proactive personality and social skills questionnaire was administered before and three months after the workshop to measure effectiveness. The data obtained were analyzed using descriptive and comparative statistics. The results indicate that the proactive personality and social skills workshop improved teachers' personal and social competence. These findings complement previous studies and provide insight into the need to strengthen teachers' personal and social competence through proactive personality and social skills workshops, particularly to improve teachers' personal and social competence.
Keywords: Proactive personality, social skills, personal competence, social competence, teachers.