EDUKASI PENGEMBANGAN USAHA UMKM “ DAPUR MBAK WIED TULUNGAGUNG “ DI KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v7i2.17176Abstract
Pengabdian ini melakukan kajian untuk menjawab berbagai persoalan yang terjadi dalam pengembangan usaha pada UMKM. Secara spesifik Edukasi ini adalah memberikan pemahaman yang komprehensif tentang perbaikan manajemen usaha melalui aspek pemasaran, Solusi yang diberikan pada permasalahan aspek pemasaran adalah perluasan jangkauan pasar secara "offline" serta pemanfaatan teknologi informasi pemasaran "online melalui e-marketplace" dan aplikasi sosial media. Selain itu penggunaan merk dalam wujud "sticker atau label" juga membantu memperluas pangsa pasar.Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pengamatan langsung, edukasi oleh tim pengabdi berupa dukungan terpadu yang dimulai dengan pemberian informasi penjelasan komprehensif, diskusi berupa tanya jawab terhadap mitra / pelaku usaha yang berhubungan dengan pengembangan usaha mitra.Hasil yang ingin dicapai dari aktivitas pengabdian ini adalah dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat memperluas pengetahuan masyarakat, terutama para pelaku usaha (Dapur Mbak Wied Tulungagung). Mereka diharapkan dapat menerapkan metode pemasaran yang efisien dan baru, sehingga dapat bersaing dengan usaha kecil dan menengah sejenis. Pada akhirnya, hal ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup.
Kata kunci: Strategi marketing, pengembangan usaha,