PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT UNTUK LAYANAN GADAI TABUNGAN EMAS SYARIAH DI UNIT PT. PEGADAIAN SYARIAH PANGKAJENE
Abstract
Tabungan Emas Syariah, salah satu produk unggulan Pegadaian Syariah, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berinvestasi dalam emas melalui pilihan tabungan yang fleksibel yang disesuaikan dengan prinsip syariah. Analisis (SWOT) atau analisis strengths, weaknesses, opportunities, dan threats pada Tabungan Emas Syariah PT. Pegadaian Syariah Pangkajene merupakan tujuan dari pengabdian ini. Analisis SWOT dengan data karyawan, nasabah, dan manajemen digunakan. Hasil pengabdian menunjukkan keunggulan produk: aman, terpercaya, murah, terjangkau, syariah, dan tingkat likuiditas. Kelemahan seperti biaya manajemen dan fluktuasi harga emas masih ada. Meningkatnya kesadaran investasi dan kemajuan teknologi menunjukkan peluang, sedangkan ancaman berasal dari produk serupa, kebijakan pemerintah, dan fluktuasi ekonomi global. Menurut penelitian ini, seiring dengan peningkatan pengetahuan keuangan dan minat masyarakat terhadap investasi emas, Gadai Tabungan Emas Syariah memiliki banyak peluang untuk berkembang.
Kata Kunci: Tabungan Emas Syariah, Pegadaian Syariah, Investasi Emas, Analisis SWOT, Likuiditas.
Downloads
Published
2024-09-06
How to Cite
Thahir, I. M. C., Agussalim, M. I., Nizam, M. S., Febriashalatifa, P., & Saddam, M. (2024). PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT UNTUK LAYANAN GADAI TABUNGAN EMAS SYARIAH DI UNIT PT. PEGADAIAN SYARIAH PANGKAJENE. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/14332
Issue
Section
Articles