PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA YANG MENDUKUNG UNTUK MENUMBUHKAN MINAT LITERASI ANAK USIA DINI DI TK SATYA KUMARA

Authors

  • Ni Putu Murniasih S STAH Dharma Sentana Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • I Gede Raka Mudana STAH Dharma Sentana Palu, Sulawesi Tengah
  • Gusti Gede Diva Pari Sangga STAH Dharma Sentana Palu, Sulawesi Tengah
  • I Gusti Ngurah Putra STAH Dharma Sentana Palu, Sulawesi Tengah
  • Putu Dyantari STAH Dharma Sentana Palu, Sulawesi Tengah
  • I Wayan Yudana STAH Dharma Sentana Palu, Sulawesi Tengah

Abstract

Di TK Satya Kumara Desa Sausu Kabupaten Parigi Mautong, upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menciptakan sarana dan prasarana yang mampu memenuhi meningkatnya minat literasi anak usia dini. Penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi secara kualitatif. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mendidik instruktur, membantu guru dan siswa, serta memberikan bahan bacaan dan sumber terkait literasi lainnya. Staf pengajar akan mendapatkan pelatihan dalam menciptakan sumber belajar literasi yang sesuai dengan perkembangan dan minat pembelajar muda. Program ini menawarkan metode dan taktik pengajaran yang kreatif dan menarik untuk mendorong minat anak-anak dalam menulis dan membaca. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa pengembangan sarana dan prasarana pendidikan memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menumbuhkan minat literasi anak usia dini. Sarana dan prasarana yang memadai dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memotivasi anak-anak untuk belajar dan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran keluarga dan komunitas dalam mengenalkan literasi anak usia dini. Dukungan dari orang tua dan masyarakat lokal setempat memiliki dampak positif dalam membentuk kebiasaan membaca dan menumbuhkan minat literasi sejak dini. Hasil dari proyek pengabdian masyarakat ini dapat membantu terciptanya praktik pendidikan yang lebih ramah lingkungan, khususnya dalam hal pendanaan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini. Selain itu, penelitian ini menawarkan pengetahuan yang lebih baik tentang bagaimana minat membaca anak usia dini dapat dipengaruhi oleh pengaruh kontekstual, yang dapat digunakan sebagai landasan untuk penelitian di masa depan mengenai program literasi yang lebih sukses. Membangun prasarana dan sarana penunjang pendidikan dapat meningkatkan taraf pendidikan dan mendorong rasa ingin tahu anak dalam belajar.

Author Biography

Ni Putu Murniasih S, STAH Dharma Sentana Palu, Sulawesi Tengah

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

References

Retno, Heriyanto. (2021). Miris, Minat Baca di Indonesia Menurut UNESCO Hanya 0,001 Persen. Diakses pada tanggal 30 Juli 2024, dari https://portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-941922838/miris-minat-baca-di-indonesia-menurut-unesco-hanya-0001-persen

Anisa, Azmy Risky dkk. (2021). “Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesiaâ€. Current research in education: conference series journal Vol. 01 No. 1

Dyah Utami, Larasati. (2021). Tingkat Literasi Indonesia Di Dunia Rendah, Rangking 62 Dari 70 Negara. Diakses pada tanggal 30 juli 2024, dari https://m.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara

Solihin, Lukman, dkk. (2019). Pasal Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan. Hal 58-59.

Muslimin. (2018). Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat Desa, No. 1, 114-115.

Nurhasanah, Nia, dkk. (2022). Panduan Penyelenggaraan Paud Berkualitas Seri 8- Kriteria Minimum Dan Sarana Prasarana Esensial Penyelenggaraan Layanan Paud. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Tersedia dari https://paudpedia.kemdikbud.go.id/download/2022/Seri8_FINAL.pdf

Basyiroh, Lis. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini: Studi Kasus Best Practice Pembelajaran Literasi Di Tk Negeri Centeh Kota Bandung, Vol. 3 No. 2, 133-134.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Murniasih S, N. P., Raka Mudana, I. G., Diva Pari Sangga, G. G., Ngurah Putra, I. G., Dyantari, P., & Yudana, I. W. (2024). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA YANG MENDUKUNG UNTUK MENUMBUHKAN MINAT LITERASI ANAK USIA DINI DI TK SATYA KUMARA. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/13854

Citation Check

Most read articles by the same author(s)