PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SD BK LEKATU DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Wayan Sudarsana STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah, Palu, Indonesia
  • I Ketut Kertayasa STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah, Palu
  • Putu Satya Narayanti STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah, Palu

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SD BK Lekatu Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi Palu Barat bersama dengan para guru dan kepala sekolah bahwa guru-guru masih mengalami kesulitan dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran seiring dengan berkembangnya IPTEK. Tujuan PKM ini yaitu memberikan pelatihan tentang peningkatan kualitas pembelajaran kepada guru SD BK Lekatu dalam menghadapi era society 5.0. Alur pelaksanaan kegiatan PKM terbagi atas 3 tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi yang dilakukan pada tanggal 03 mei 2024 antara lain: 1) persiapan dengan melakukan izin kepada pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran dalam menghadapi era society 5.0, 2) melaksanakan kegiatan pelatihan dengan beberapa materi yaitu: pelatihan numerasi matematika tingkat guru Sekolah Dasar dalam menghadapi pembelajaran era society 5.0, pelatihan alat permainan edukatif (APE) sebagai media alternatif dalam pembelajaran Sekolah Dasar, dan desain pembelajaran berbasis games Sekolah Dasar, 3) melakukan evaluasi dengan membagikan angket kepuasan terhadap kegiatan PKM. Hasil respon dari peserta PKM menunjukkan rata-rata persentase jawaban dari pernyataan di atas 85%. Hal ini membuktikan bahwa tingkat kepuasan dari peserta setelah mengikuti kegiatan PKM berada dalam kategori sangat puas.

References

Awalizah, T. (2016). PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK SEKAT HITUNG (KOKATUNG) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS II SD DONOTIRTO KASIHAN BANTUL. Prodi Teknologi Pendidikan Vol., 5(5), 86–96.

Azzahra, A. P., Hanum, S. H., Syevila, S., & Nasution, A. F. (2024). TANTANGAN IMPLEMENTASIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI ERA SOCIETY 5.0 STUDY KASUS SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN. Cemara Journal, 4092.

Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 4(1), 49–55.

Muslimin, T. P., & Fatimah, A. A. B. (2024). Kompetensi dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Tantangan Pendidikan di Era Society 5.0. Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 7, 55–72.

Muwaffaq, F. F., Faizah, S. N., Aprilia, S. D., & Amelia, N. E. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: MENGHADAPI TANTANGAN GURU DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 3233–3240.

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332

Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2021). Pelatihan literasi dan numerasi guru matematika SMP bertipe asesmen kompetensi minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1, 1243–1248.

Sudarsana, W., Anta, I. M. N., Narayanti, P. S., Kertayasa, I. K., Putrayasa, I. W. B., & Hariani, N. M. M. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI INOVASI DAN PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID. Communnity Development Journal, 4(3), 6273–6281.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Sudarsana, W., Kertayasa, I. K., & Narayanti, P. S. (2024). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SD BK LEKATU DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/13727

Citation Check

Most read articles by the same author(s)