Implementasi Marketing : Pelatihan Packaging Dan Strategi Pemasaran Online untuk peningkatan Penjualan Produk Impala UMKM Desa Jatisari Kecamatan Tajinan Malang Jawa Timur

Authors

  • Kristina Sedyastuti Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia
  • Dianawati Suryaningtyas Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia
  • Arien Anjar Puspitosari Suharso Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia

Abstract

Desa Jatisari merupakan salah satu desa di Kecamatan Tajinan wilayah Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur., di Desa Jatisari masih sedikit jumlah UMKM dan masih banyak yang belum mengembangkan strategi pemasaran maupun mengembangkan inovasi pengemasan produk yang di hasilkan. Pada dasarnya tujuan dari dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah dapat memberikan ide baru tentang Kewirausahaan serta memotivasi bagi peserta agar membuka wawasan untuk melakukan pengembangan kegiatan usahanya. Target yang ingin dicapai adalah masyarakat menjadi kreatif dan bisa memasarkan produk secara online di market place dan mengembangkan inovasi kemasan produk khususnya untuk krupuk rambak Impala.Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pemberian Penyuluhan dan pelatihan dan praktek langsung. Sedangkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada Bulan September 2023. Hasil dan Luaran yang ditargetkan oleh pengabdian adalah dengan melakukan peningkatan pemasaran dan kemasan produk Impala. Diharapkan pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat memberikan semangat dan motivasi baru untuk mengembangkan usaha dengan tingkat keuntungan yang lebih besar. Keywords: Packaging, strategi, peningkatan usaha, impala

References

Agarwal, Malhotra, N. and P. (2022). Different Handicrafts Training Programmes for Tribal’s in Jharkhand: A Review. SSRN Electronic Journal, 1–18.

Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing oleh UMKM dalam masa Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (COVID-19). MANOVA (Jurnal Manajemen dan Inovasi), 2(2).

Budi, Fabianus Fensi,2018. Pengsruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan.Vol2 No 1. P.1-9 DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.77%20-%2084

Fellnhofer, K. (2017). A framework for a teaching toolkit in entrepreneurship education. International Journal of Continuing Engineering Education and Life-Long Learning, 27(3), 246–261.https://doi.org/10.1504/IJCEELL.2017.084835

Ferreira, J., Raposo, M., Rodrigues, R., Dinis, A., & Paco, A. (2012). A model of entrepreneurial intention. Journal of Small Business and Enterprise Development, p. 424-440.

Susanto, S. C. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 277–286.

Asnamawati, L et al. 2021. “PENGENALAN PENGOLAHAN TEPUNG MOCAF MENJADI.†20(April): 183–88.

Sedyastuti, Kristina. 2018. “Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global.†INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia 2(1).

Setiawati, Ira dan Penta Widyartati. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Jurnal BIMA. Pascasarjana (S2) STIE Dharmaputra Semarang: 344.

Suwarni, Emi, Kristina Sedyastuti, and A Haidar Mirza. 2019. 2 Ikraith Ekonomika Peluang Dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital.

https://drive.google.com/file/d/14xptPq6WzhlPueizlHrMxan_EfQtZbJ9/view?usp=sharing

https://drive.google.com/file/d/1gbia3GJ0wo5qmasZ2e5D6NXGKBit3663/view?usp=sharing

Published

2024-07-04

How to Cite

Sedyastuti, K., Suryaningtyas, D., & Puspitosari Suharso, A. A. (2024). Implementasi Marketing : Pelatihan Packaging Dan Strategi Pemasaran Online untuk peningkatan Penjualan Produk Impala UMKM Desa Jatisari Kecamatan Tajinan Malang Jawa Timur. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/13438

Citation Check