PELATIHAN PENULISAN SASTRA ANAK DAN PENGEMBANGAN MAJALAH SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH NANGGULAN KULON PROGO

Authors

  • Laga Adhi Dharma Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Nur Alifah Septiani Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Malinda Satya Ningrum Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Adnin Kamil Bani Hawa Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Ivatur Rohmah Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Yusuf Bastiar Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Retno Hartati Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Abstract

Daya kreatifitas siswa dapat terasah salah satunya dengan meningkatkan bacaan terhadap karya sastra. Karya sastra menjadi pintu masuk sisws untuk membentuk imajinasi-imajinasi yang lebih luas lagi. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas siswa serta meningkatkan literasi bahasa dan sastra di SMP Muhammadiyah Nanggulan. Metode yang digunakan dalam kegiatan adalah sosialiasai, pelatihan, dan pendampingan. Berdasarkan metode tersebut, terdapat beberapa kegiatan yang dilakasanakan dalam pengabdian ini yaitu sosisalisasi sastra anak, penulisan sastra anak dan pendampingan pengelolaan majalah “SUMUNARâ€. Kegiatan-kegiatan ini sebagai pembuka awal kreatifitas siswa dalam mengenal sastra anak, dan sekaligus memacu siswa untuk menuliskan atau menghasilkan karya sastra anak. Selain itu, pendampingan yang dilakukan dapat memberi wawasan baru kepada para redaksi baik dari siswa maupun guru tentang bagaimana regulasi dan pengelolaan sebuah majalah. Majalah yang diiterbitkan juga akan banyak berisi tentang hasil kreatifitas siswa dalam hal menulis, melukis, dan hal-hal positif lainnya. Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan dalam satu kurun waktu saja, akan tetapi dilaksanakan secara terus menerus dan berlanjut.

References

Lukitasari, Evelyne Henny. 2021. “Pengabdian Penempatan Typografi Pada Majalah Di SMK N Jenawi.†Jurnal Pengadian Tepat Guna 2 (1): 35–44. https://doi.org/https://doi.org/10.47942/jpttg.v2i1.718.

Novitasari, Nine Febrie. 2022. “Peningkatan Keterampilan Speaking Siswa SMA Di Situbondo Melalui Diskusi Kelompok Kecil Pada Program Kampung Bahasa.†Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (3): 430–38.

Riski, Maulana, and Asih Prihadini. 2022. “Relasi Sastra Anak Terkait Perkembangan Dirinya.†SABAYA 1 (1): 30–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/sabaya.v1i1.4866.

Setyaningsih, Nas Haryati, and Agus Nuryatin. 2018. “PELATIHAN PEMBELAJARAN SASTRA ANAK BERBASIS AKTIVITAS BAGI GURU SD DI KABUPATEN DEMAK DENGAN METODE PEERTEACHING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU.†In , 395–98. Semarang: SNK-PPM UNNES-UNDIP 2018.

Setyorini, Ari, and Masulah. 2019. “Pelatihan Menulis Sastra Anak Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo Sebagai Upaya Untuk Mengenalkan Literasi Sastra.†In , 38–44. Surabaya: LPPM Universitas PGRI Adi Buana.

———. 2020. “Penerapan Project Base Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo Dalam Menulis Kreatif Cerita Anak.†Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (1): 131–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664.

Solihati, Nani, Ade Hikmat, and Anita Rachayu Eka. 2021. “Pelatihan Penguatan Karakter Melalui Sastra Anak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Di SDN Gandasari 02 Kabupaten Bekasi.†In , 34–41. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, DKI Jakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Revisi. Bandung: Cv. Angkasa.

Wahyuningsih, Sri Suharmini, Widiyanto Widiyanto, Djoko Rahardjo, and Surya Adi Sasmita. 2021. “Pengembangan Perpustakaan Sekolah Di SMA Dharma Karya UT.†Jurnal Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 25 (2): 207–13.

Yuliati, Ani, Laga Adhi Dharma, Nur Alifah Septiani, Adnin Kamil B Hawa, and Malinda Satya Ningrum. 2021. “Literasi Digital Bagi Siswa, Guru, Dan Karyawan Di Lingkungan SMP Muhammadiyah Nanggulan Kulon Progo.†Selaparang 5 (1): 816–21.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Dharma, L. A., Septiani, N. A., Ningrum, M. S., Hawa, A. K. B., Rohmah, I., Bastiar, Y., & Hartati, R. (2024). PELATIHAN PENULISAN SASTRA ANAK DAN PENGEMBANGAN MAJALAH SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH NANGGULAN KULON PROGO. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/13010

Citation Check