MENINGKATKAN PENGETAHUAN TEKNOLOGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA DIGITALISASI

Authors

  • Nur Sartina Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Awang Pradana Universitas Borneo Tarakan
  • Fajar Oktavian Universitas Borneo Tarakan
  • Joni Joni Universitas Borneo Tarakan
  • Yeyen Yulastri Universitas Borneo Tarakan
  • Brigita Brigita Universitas Borneo Tarakan

Abstract

Era digitalisasi dan perkembangan Teknologi telah banyak membawa perubahan besar dalam kehidupan Masyarakat termasuk juga dalam dunia Pendidikan.bagi para pelajar dari kalangan siswa dan mahasiswa di tuntut untuk memiliki pengetahuan teknologi yang memadai agar bisa dapat mengikuti perkembangan zaman. oleh karena itu dengan adanya kegiatan pegabdian dan sosialisasi ini. tujuan dari kegiatan ini sendiri yaitu untuk meningkatkan pengtahuan dan pemahaman ilmu dan perkembangan teknologi. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengajar, edukasi dan memberi sedikit pelatihan tentang pengunaan teknologi Dan hasil yang diharapkan dari kegiatan mengajar dan edukasi ini siswa dan siswi diharapkan mampu untuk memahami perkembangan teknologi serta mempelajari akan ilmu teknologi dan menerapkan nya dalam kehidupan sehari hari. Hasil dan kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini yaitu siswa dan siswi terkhusus siswa dan siswi SMP Negeri 8 Tarakan mampu dan berhasil meningkatkan pengetahuan mereka di bidang perkembangan teknologi dan komputerisasi serta pengetahuan akan dunia digital, kegiatan ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan literasi digital siwa dan siswi dalam ilmu tentang Teknologi.. ABSTRACT The era of digitalization and the development of technology has brought many major changes in people's lives, including in the world of education. Students and students are required to have adequate technological knowledge so they can keep up with the times. Therefore, with this community service and socialization activity. The aim of this activity itself is to increase knowledge and understanding of science and technological developments. This activity is carried out by teaching, educating and providing a little training on the use of technology. And the expected results of this teaching and educational activity are that students and students are expected to be able to understand technological developments and learn about technological knowledge and apply it in their daily lives. The results and conclusions of this service activity are that students, especially students of SMP Negeri 8 Tarakan, are able and successful in increasing their knowledge in the field of technological development and computerization as well as knowledge of the digital world, this activity can be an alternative for increasing students' digital literacy and female student in the science of Technology. Kata kunci: Pendidikan, Pengabdian, Teknologi,

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Darmawan, N. H., Hilmawan, H., P, D. S., E, L. A., Hikmatullah, L., S, M. Z., Ramdan, M., Ridwan, M., Fahran, M. N., R, R. A., & K, R. S. (2023). Literasi Digital : Pemahaman Cyberbullying pada Siswa Sekolah Dasar. 4(4), 1929–1935.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194

Nuraflah, C. A., Nasution, A., Siregar, F. A., & Pane, A. S. (2021). PENINGKATAN PEMAHAMAN UNDANG-UNDANG INFORMASI TEKNOLOGI NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG MEDIA SOSIAL KEPADA SISWA DI SMPN 42 KOTA MEDAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.643

Putri Supriadi, S. R. R., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 192–198. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4036

Rheinata, S., Putri, R., Chusni, M. M., Jurnal, J., & Sains, P. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam. JPSP: Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 2, 192–198.

Rohayati, R. (2017). Budaya Komunikasi Masyarakat Maya (Cyber): Suatu Proses Interaksi Simbolik. Sosial Budaya, 14(2), 179. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4432

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348

Sidik, A., Hendra Setyawan, A., Baskoro, D., & Nur Hanifa, S. (2022). Pengenalan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Menambah Wawasan Dan Kemampuan Belajar Siswa Di Era Globalisasi ARTICLE HISTORY (Vol. 1, Issue 1).

Zabir, A. (2018). Pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–10.

Published

2024-08-31

How to Cite

Sartina, N., Pradana, A., Oktavian, F., Joni, J., Yulastri, Y., & Brigita, B. (2024). MENINGKATKAN PENGETAHUAN TEKNOLOGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA DIGITALISASI. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11830

Citation Check