PEMBENTUKAN KIAT BELAJAR YANG BERKUALITAS MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI WILAYAH DESA KEDUNGRAWAN, SIDOARJO

Authors

  • Maria Min Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Annisa Nisa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Riswanda Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Tarisa Ramandha Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia, Indonesia

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah implementasi konkret dari tugas dosen dan mahasiswa dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Melalui upaya pengabdian kepada penduduk desa Kedungrawan, terjadi sinergi antara perguruan tinggi dan komunitas, yang mencerminkan demokrasi pengetahuan. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada warga setempat mengenai pentingnya pendidikan, yang pada gilirannya membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat pendidikan nasional. Metode yang digunakan melibatkan observasi dan pendampingan. Beberapa bentuk kegiatan melibatkan mengajar les, memberikan pelajaran CALISTUNG, berpartisipasi dalam gotong royong, dan menerapkan pendekatan pembelajaran bermain sambil belajar. Pemilihan metode ini bertujuan untuk memberikan suasana belajar yang santai dan tanpa tekanan kepada siswa, yang sesuai dengan karakteristik anak-anak usia SD yang lebih suka belajar sambil bermain. Kegiatan bimbingan belajar ini dilaksanakan di Balai Desa Kedungrawan, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, setiap hari Selasa dan Jumat pukul 18.00 WIB. Program ini diikuti oleh siswa Sekolah Dasar dari kelas 1 hingga kelas 6. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami perkalian, pembagian, dan kosa kata dalam bahasa Inggris setelah mengikuti pendampingan selama 8 pertemuan. Abstract Community Service Learning (CSL), also known as Kuliah Kerja Nyata (KKN), is a tangible manifestation of the responsibilities of both faculty and students in carrying out the Three Pillars of Higher Education, especially in terms of community engagement. Through dedicated efforts to serve the residents of Kedungrawan village, a synergy is created between higher education institutions and the community, reflecting the democracy of knowledge. The primary objective of this service is to impart an understanding of the importance of education to the local population, ultimately aiding the government's efforts to enhance the national education standards. The methods employed include observation and mentoring. Various activities involve teaching, providing CALISTUNG lessons, participating in community work, and applying a playful learning approach. The choice of this method aims to create a relaxed and pressure-free learning environment for students, aligning with the characteristics of elementary school-aged children who prefer to learn through play. These tutoring activities take place at the Kedungrawan Village Hall, Krembung District, Sidoarjo Regency, East Java, every Tuesday and Friday at 6:00 PM. The program is open to elementary school students from grades 1 to 6. The results of this community service demonstrate an improvement in students' abilities to understand multiplication, division, and English vocabulary after participating in eight sessions of mentoring. Kata kunci: Bimbingan belajar, pendidikan, pengabdian masyarakat

References

Abidin, Z. (2006). Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol. 11(1), 34-38.

Amelia, J. (2021). Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk. EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 76-81.

Erlita, B. (2014). Slow Learner: Bagaimana Memotivasinya Dalam Belajar. Widya Dharma: Jurnal Kependidikan, 27, 1-8.

Darmayanti, N.W.S., & I Nengah Sueca. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207.

Dilena, Helga. (2022). Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Guna Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Diri Anak. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 1(1), 30–35.

Downloads

Additional Files

Published

2023-10-28

How to Cite

Min, M., Nisa, A., Putri, R., & Putri, T. R. (2023). PEMBENTUKAN KIAT BELAJAR YANG BERKUALITAS MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI WILAYAH DESA KEDUNGRAWAN, SIDOARJO. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11085

Citation Check