IMPLEMENTASI BRANDING DAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA DWI JAYA DI DESA SRI BINTAN 2

Authors

  • Eka Kurnia Saputra STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Armansyah Armansyah STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Herman Herman STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Eko Murtisaputra STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Dandi Dandi STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Gheraldo Alfaro STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Paradina Fussilat STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Risa Kamela STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Rizky Malik Putri STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Umi Elsi STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Yoga Ersuarisno Mulsyain STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia

Abstract

This research describes the community service program, especially for Dwi Jaya Enterprises in the 2022 KKN-P3M (Real Work Class – Center, Research and Community Service) activities in Sri Bintan 2 Village, Bintan District, Bintan Regency. The method used is the method of observation, interviews, documentation, and training. The analysis carried out focuses on problems in terms of introducing Dwi Jaya Business to the community and preparing simple financial reports. This analysis resulted in solving the problem in the form of a program that we implemented, Logo, namely banners, business cards, stamps, notes and financial reports that were provided to Dwi Jaya. With this problem solving method it is hoped that it can help solve problems that exist in Dwi Jaya's business. Keywords : Accounting, Management, Branding, Implementation Abstrak : Penelitian ini menjelaskan tentang program pengabdian masyarakat khususnya pada Usaha Dwi Jaya di kegiatan KKN-P3M (Kuliah Kerja Nyata – Pusat, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) tahun 2022 di Desa Sri Bintan 2, Kecamatan Bintan, Kabupaten Bintan. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan pelatihan. Analisa yang dilakukan berfokus pada permasalahan dari segi pengenalan Usaha Dwi Jaya pada masyarakat serta penyusunan laporan keuangan sederhana. Analisa tersebut menghasilkan penyelesaian masalah berupa program yang kami laksanakan yaitu Logo, spanduk, kartu nama, stempel, nota serta laporan keuangan yang diberikan kepada pihak Dwi Jaya. Dengan metode penyelesaian masalah tersebut diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada pada usaha Dwi Jaya. Kata Kunci: Akuntansi, Manajemen, Branding, Implementasi

References

Pipit Rosita Andasari, “Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang),†J. JIBEKA, vol. 12, no. 1, pp. 59–65, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/download/16/10/

A. Nuvitasari, N. Citra Y, and N. Martiana, “Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),†Int. J. Soc. Sci. Bus., vol. 3, no. 3, p. 341, 2019, doi: 10.23887/ijssb.v3i3.21144.

P. D. Wulaningrum, A. Hanjani, and ..., “Pendampingan Branding Usaha dan Manajemen Keuangan dalam Rangka Pendirian Unit Usaha Mandiri Kantin Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah …,†J. Pengabdi. Pada …, vol. 5, no. 2, p. 400, 2020, [Online]. Available: http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/322

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Saputra, E. K., Armansyah, A., Herman, H., Murtisaputra, E., Dandi, D., Alfaro, G., … Mulsyain, Y. E. (2023). IMPLEMENTASI BRANDING DAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA DWI JAYA DI DESA SRI BINTAN 2. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/10080

Citation Check

Most read articles by the same author(s)