PELATIHAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMASARAN UMKM DI DESA TELUK SASAH

Authors

  • M. Syafnur STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Ahmad Yani STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Indra Bastian Tahir STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Aris Akhmad Maulana STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Cindy Violita STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Elmyra Benitta STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Muhamad Amwar STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Winda Rafa Pratiwi STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia

Abstract

MSMEs have an important role in the economy of the Indonesian people. The existence of MSMEs is very useful in terms of distributing people's income. Seeing from this role, it is necessary to carry out training to help the community overcome various problems from the marketing aspect to the human resource development aspect. In particular, MSMEs in Teluk Sasah Village are MSMEs in the culinary field, the products sold are such as pastries, cakes and project chips. The purpose of this community service activity is to provide information and additional knowledge needed by MSME actors. The research method used is interview, observation and documentation. The methods used in this community service are socialization and discussion methods, as well as demonstration and training methods. The results of the activities carried out are marketing materials by making attractive packaging and discussing the development of superior human resources so that the business being carried out can progress and develop. Then there was the delivery of assistance in the form of business tools and packaging for MSME actors. Keywords: MSME, Human Resource Development, Marketing, ABSTRAK UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Keberadaan UMKM sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat. Melihat dari peranan tersebut, perlu dilakukannya pelatihan untuk membantu masyarakat mengatasi berbagai permasalahan dari aspek pemasarannya hingga aspek pengembangan sumber daya manusia. Khususnya, UMKM yang ada di Desa Teluk Sasah merupakan UMKM dalam bidang kuliner, produk yang dijual ialah seperti kue kering, kue basah dan keripik peyek. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan informasi dan tambahan pengetahuan yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM. Metode penelitian yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode sosialisasi dan diskusi, serta metode demonstrasi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan yang dilaksanakan yaitu adanya materi pemasaran dengan membuat packaging yang menarik dan membahas mengenai pengembangan sumber daya manusia yang ungggul supaya usaha yang dijalankan bisa maju dan berkembang. Kemudian adanya penyerahan bantuan berupa alat usaha dan packaging untuk para pelaku UMKM. Kata Kunci: UMKM, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pemasaran,

References

S. Alfianti, L. Hertati, A. Munandar, and R. Hendarmin, “Program Kkn Tematik Mbkm Mahasiswa Universitas,†vol. 1, no. 4, pp. 153–162, 2022.

A. E. Mulyana, R. Hidayat, and N. R. Andayani, “Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di Masa Pandemi Covid-19,†Abdimas-Polibatam, vol. 3, no. 1, pp. 62–76, 2021.

D. Kurniati, I. Murniawaty, and N. Farliana, “Determinasi Sumber Daya Manusia, Modal Usaha dan Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Tas,†Equilib. J. Ilm. Ekon. dan Pembelajarannya, vol. 9, no. 1, p. 77, 2021, doi: 10.25273/equilibrium.v9i1.8522.

M. C. Pesoth, “Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill di Kota Manadoâ€.

O. N. Putri and R. S. Darwis, “Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Melalui Pelatihan Berwirausaha,†Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 20–25, 2015.

N. K. S. Yuliastini, M. K. P. Dewi, K. H. Wisarti, N. kadek Widyastuti, and I. G. K. A. Winata, “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Manajemen Persediaan Di UD Eka Karya,†ARSY J. Apl. Ris. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 171–176, 2022, doi: 10.55583/arsy.v2i2.206.

Syara Annisa Fita Hutami and I. Mutmainah, “Strategi Pemasaran UMKM KUB Berkah di Desa Karang Asem pada Era New Normal,†J. Ilmu Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 1, pp. 97–105, 2021, doi: 10.24239/jiebi.v3i1.35.97-105.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Syafnur, M., Yani, A., Tahir, I. B., Maulana, A. A., Violita, C., Benitta, E., … Pratiwi, W. R. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMASARAN UMKM DI DESA TELUK SASAH. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/10074

Citation Check