Analisis Manajemen Dalam Pengembangan Kompetensi Pendidik Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Rulam (2018). Profesi Keguruan: Konsep dan Strategi Mengembangkan Profesi dan Karier Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Alma, Buchori (2012). Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Amalia, Husna (2019). Manajemen Pengembangan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol. XI, No 1:132-147. September.
Cahyana, Ade (2010). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 1, Jnauari.
Creswell, John W. (2018). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dali, Zulkarnain (2017). Manajemen Mutu Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danim, Sudarwan (2015). Pengembangan Profesi Guru: dari Pra-Jabatan, Induksi ke Profesional Madani. Jakarta: Prenada Media
E. Mulyasa (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fitriani, Cut, dkk. Kompetensi Profesional Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 5, No. 2, Mei 2017 pp. 88 – 95.
Hambali, Muh. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Jurnal MPI Vol 1
Hasbullah (2016). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press
Hermino, Agustinus (2018). Guru dalam Tantangan Globalisasi: Kajian Teoritis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hitt, Michael A., Black J. Stewart dan Porte, Lyman W. (2012). Management. London: PearsonInternational.
Ikbal, Panji Alam Muhamad (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Isema; Islamic Educational Manajemen Vol. 3, No 1. P.65-75. Juni.
Isjoni (2009). Guru seabagi Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Janawi (2019). Kompetensi Guru, Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
Kadir, Abdul (2015). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah
Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah
Khuluqo, Ihsana El. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kompri (2015). Manajemen Sekolah: Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kosim, Abdul & Fathurrohman (2018). Pendidikan Agama Islam: Sebagai Core Values untuk Perguruan Tinggi Umum. Bandung: Remaja Rosdakarya
F. Efendi and P. Wihartati, “Decision Support System for Share Investment Using The Capital Assetpricing Method ( CAPM ),” Decis. Support Syst. Share Invest. Using Cap. Assetpricing Method, vol. 02, no. 01, pp. 18–22, 2021.
Mahmud (2019) Manajemen Pendidikan Tinggi: Berbasis Nilai-Nilai Spiritualitas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Makawimbang, Jerry H. (2012) Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Muhaimin & Suti’ah & Prabowo, Sugeng Listyo (2015). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenada Media
Nasution, Sri Purwanti (2016). Peranan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru dalam Jurnal Al-Idarah Vol, 6, No. 1; Jurnal ilmiah Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung.
Nata, Abuddin (2018). Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Noor, Juliansyah (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 74 Tahun 2008 tentang Guru
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru
Sanjaya, Wina (2015). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.
Setyosari, Punaji (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.
Siadari, Halomoan Mangasi ((2013). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 1, Nomor 1. P. 48 – 65.
Sudarman, Momon (2013). Profesi Guru, Dipuji, Dikritis, dan Dicaci. Jakarta: Rajawali Press.
Suprihatiningrum, Jamil (2020). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2010). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumadi, S. (2017). Peran Manajemen Syariah Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Islam Di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(02), 112-124.
Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Trisoni, Ridwal (2011). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ta’dib, Volume 14, No. 2. Desember.
Tohirin (2014). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: Rajawali Press.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Uno, Hamzah B. (2012) Profesi Kependidikan: Problrma, Solusi dan Reformasi di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, Agus (2016). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Widodo, Suparno Eko (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D).
Yusuf, Muri (2017) Metode Penelitian: Kuantatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.