Perencanaan Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus pada Desa Jlumpang, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang)

Ifatul Ambar Zulaifah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prinsip akuntabilitas, transparasi dan prinsip partisipasi dalam tahap perencanaan keuangan desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan Sumber data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dengan metode wawancara mendalam (In-Depht Interview) dan Observasi dengan aparat desaJlumpang serta masyarakat desa Jlumpang. Hasil dai penelitian Perencanaan pengelolaan keuangan desa pada Desa Jlumpang menunjukkan bahwa Pemerintah Desa Jlumpang telah menerapkan prinsip akuntabilitas, transparasi dan prinsip partisipasi dalam pengelolaan keuangan desa. Pemerintah Desa Jlumpang bertanggungjawab kepada masyarakat, BPD, dan Bupati untuk melaksanakan kegiatan yang telah disusun dalam musyawarah desa. Keterbukaan akses informasi rencana kegiatan yang telah disusun disampaikan kepada masyarakat luas dengan pemasangan baliho berisi informasi APBDes. Adanya masyarakat yang ikut serta dalam musyawarah desa, masyarakat disitu tidak Cuma hadir saja akan tetapi masyarakat juga menyampaikan pendapat disetiap perwakilan padukuhan.

Kata Kunci: Perencanaan, Pengelolaan, Keuangan Desa

Full Text:

PDF

References


Dewanti, E. (2015). Analisis Perencanaan Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Boreng.

Halim, A. (2008). Akuntansi Keuangan Daerah.

Kristianten. (2006). Transparasi anggaran Pemerintah. Rineka Cipta.

LAN BPKP RI. (2000). Akuntabilitas dan Good Govermance.

Muntahanah , M. (2014). Efektifitas Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20. (2018).

Sumadi, S., & Muliasari, D. (2019). Pengaruh Manajemen Syariah Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di Bmt Amanah Berkah Sukoharjo). … Seminar Nasional & Call for Paper …, (September), 94–104. Retrieved from http://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/32

Ramadhan. (2014). Analisis Perbandingan Pengelolaan Keuangan Desa Menurut Permendagri 37 Tahun 2007.

Subroto, A. (2008). AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI KASUS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DI DESA-DESA DALAM WILAYAH KECAMATAN TLOGOMOLYO KABUPATEN TEMANGGUNG).

Surkati, A. (2012). Otonomi Daerah Sebagai Instrumen Pertumbuhan Kesejahteraan dan Peningkatan Kerjasama Antar Daerah dalam Mimbar. Jurnal Sosial dan Pembangunan.

Tjahjani Murdijaningsih, S. (n.d.). EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KEUANGAN ALOKASI DANA DESA DI KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS . Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Wijayakusuma Purwokerto.

Undang-Undang Nomor 23 . (2014).

Undang-Undang Nomor 6. (2014).

Walukow, M., Kalangi, L., & Pinatik, S. (2017). Analisis Perencanaan Pengelolaan Keuangan Desa Sesuai Dengan Peraturan Mentri Dalam Negri Nomor 113 Tahun 2014 Di Desa Kauner Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 266-275.

Suprihati; Muliasari, D. (2020). Effect of Rentability , Liquidity , and Solvability Ratios of Islamic Banking Price In Indonesia. 1(01), 13–21.

Widiyanti, A. (2017). Akuntabilitas Dan Trasparasi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi Kasus Desa Sumberejo Dan Desa Kandung, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Yin, R. (2000). Case Study Research Design and Method.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v21i1.981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics